10 hal yang akan dialami oleh Pegawai Fresh Graduate

Posted on

Setelah lulus dari dunia pendidikan semua orang akan mencari pekerjaan disamping melanjutkan pendidikan dan menikah. Sebagian besar akan menjadi pegawai sebuah perusahaan. Bagi anda yang baru saja lulus dari pendidikan kemudian melamar pekerjaan dan diterima maka anda disebut sebagai pegawai fresh graduate. semua orang pasti pernah menjadi pegawai fresh graduate. Istilah ini sering muncul dan ditujukan bagi mereka yang baru saja lulus dari perguruan tinggi.

Memasuki dunia kerja berarti seseorang sudah mulai menjalani kehidupan yang sebenarnya. Porfessionalitas harus di tegakkan dalam setiap pekerjaan yang diemban. Kadang pada saat awal memasuki dunia kerja ada hal hal yang begitu sulit dan begitu aneh yang di alami. ini lah 10 hal yang akan dialami oleh Pegawai Fresh Graduate.

10 hal yang akan dialami oleh Pegawai Fresh Graduate
10 hal yang akan dialami oleh Pegawai Fresh Graduate

1. Memiliki kebanggan tersendiri

Pasa saat awal diterima kerja disuatu perusahaan, seseorang akan merasa bangga dan bersyukur bahwa sekarang mereka sudah dapat pekerjaan dan bisa menghasilkan uang sendiri. Ada sebuah gambaran tentang kebebasan dari sudut pandang orang tua karena sudah tidak tergantung kepada mereka. Apalagi jika orang tersebut bekerja di perusahaan yang bonafit dan terkenal.

2. Bingung memilih pakaian

Pada hari pertama bekerja pastinya setiap orang ingin menampilkan sesuatu yang baik dan bagus. Kadang-kadang hal ini membuat bingung pakaian mana dan seperti apa yang harus dipakai. Jangan sampai salah mengenakan pakaian yang harusnya pakaian kasual malah berpakaian formal begitu juga sebaliknya jika Anda tidak ingin menjadi pusat perhatian bahkan ditertawakan.  Beruntung jika perusahaan memberikan seragam tersendiri, memang tidak terasa bebas tetapi tidak perlu repot repot memilih pakaian.

 3. Takut telat

Setelah baju disiapkan, saatnya tidur. Jangan lupa memasang alarm di handphone, dijam dinding dan di jam tangan agar tidak telat. Horee…. pagi pagi bangun tidak telat. Langsung mandi terus pakai pakaian yang sudah disiapkan semalam. Semua sudah siap ? saatnya tancap gas ke kantor. Setelah sampai kantor kok sepi ya, apakah kantor hari ini libur ? :D. Sebagian besar pegawai fresh graduate mengalami hal ini.

4. Apakah saya bisa bekerja dengan baik

Pada saat awal melihat pekerjaan sebagian orang pernah merasa apakah mereka bisa mengerjakan pekerjaan tersebut atau tidak. Hal ini sangat wajar dirasakan mengingat bahwa ilmu di sekolah dan perguruan tinggi hanya dasarnya saja. Sedangkan di kantor pekerjaan sesungguhnya harus dikerjakan dan itu membutuhkan waktu untuk mempelajarinya. Semua akan terlewati dengan mudah jika pegwai Fresh Graduate belajar dengan cepat.

5. Adaptasi dengan lingkungan

Jarang sekali pegawai baru yang bisa langsung bersosialisasi dengan orang lain dikantor yang baru. Meskipun orang tersebut berpengalaman, apalagi pegawai fresh graduate. Cara terbaik adalah mencari teman fresh graduate juga atau yang belum lama bekerja. Paksakan diri untuk seakrab mungkin dengan atasan langsung seperti supervisor.

6. Sungkan jika harus pulang duluan

Hari sudah sore tetapi atasan belum pulang juga. Sedangkan kamu sudah capek dan suntuk ingin segera pulang atau ada urusan lain. Ingin meminta ijin untuk pulang duluan tapi sungkan. Masa Anak buah pulang lebih dulu dari bapak buah ? terus emak buahnya kemana.

7. Gaji pertama untuk apa ya

Asik sudah akhir bulan saatnya menerima gajian pertama ;). Uangnya untuk beli apa ya ? kayaknya gadget baru oke juga tuh. Tapi inget dulu pernah berjanji gaji pertama untuk orang tua hehehe. Oke mari kita bagi bagi, setelah lama dibagi bagi ternyata sebagian besar habis untuk kehidupan sehari hari 😀

8. Mengalami rutinitas

Sebagai pegawai baru, harus siap yang namanya menghadapi rutinitas sehari hari. Bekerja dari hari senin sampai jumat atau sabtu kemudian hari minggu libur dan senin harus bekerja kembali. Kita akan menghadapi kegiatan yang sama setiap harinya

9. Mulai suntuk pengencuti

Setelah berselang beberapa minggu ternyata bekerja membosankan juga. perasaan sudah suntuk melalui rutinitas yang begini begini saja. Ingin cuti tetapi belum bisa karena baru masuk masa sudah minta cuti, yang sudah senior juga cuti susah diterima.

10. Kadang tidak sadar bahwa kita sudah bekerja

Karena menjadi pegawai memiliki pola rutinitas yang mirip dengan sekolah dan kuliah. Kadang kita tidak sadar bahwa sudah menjadi pegawai sebuah perusahaan. Gajian setiap bulannya seperti halnya kiriman dari emak (tetapi jumlahnya lebih gede :D). Waktu seakan berputar lebih cepat, tidak terasa kita sudah menjadi pegawai dan menjalani kehidupan yang sebenarnya.

10 hal yang akan dialami oleh Pegawai Fresh Graduate

Kasih masukanmu di sini