Mengedit satu file Excel dengan beberapa user dalam satu Jaringan

Posted on
Jamkho produk alami

Cara share workbook – Mengerjakan sesuatu pekerjaan dengan cara bersama sama akan terasa lebih ringan. Begitu pun ketika kita mengerjakan suatu report dengan menggunakan microsoft excel. Melakukannya secara bersama sama akan memudahkan pekerjaan dan hasilnya pun akan cepat terlihat. apalagi jika pengerjaan report itu daily update yang akan disetorkan akhir bulan, dengan ditangani oleh lebih dari satu user report akan lebih terjaga updatenya.

Di tempat kerja saya  saat ini sering dilakukan sharing workbook dengan beberapa user termasuk saya sendiri. Dalam satu team kita menggunakan 4 komputer dimana semuanya terhubung dalam satu jaringan. ada suatu report yang bersifatnya harus update per shiftnya, jadi setiap ganti shift file tersebut terus di update jika ada pekerjaan yang telah di selesaikan atau di pendingkan karena belum selesai. Dengan cara ini semua anggota team akan tahu mana perkerjaan yang sudah dikerjakan dan mana yang harus dikerjakan

Semua user yang terhubung pada satu jaringan bisa mengedit dan save file workbook tersebut. jika ada data yang tertumpuk, excel akan memberi tahukan nya dan akan muncul pilihan entry mana yang akan di pilih apakah punya kita atau user lain.

Cara share workbook agak bisa dikerjakan bersama sama ini sangat lah mudah, berikut ini langkah langkahnya :

1. buka file yang akan di share di jaringan

2. pilih menu review >> changes >> share workbook

Mengedit satu file Excel dengan beberapa user dalam satu Jaringan

3. pada jendela yang muncul, centang pilhan yang bertulisankan “Allow changes by more than one user at the same time”

Cara share workbook

4. Setelah setting tadi Anda bisa mengedit file tersebut dengan syarat Anda terkoneksi dengan jaringan yang terhubung dengan file tersebut.

5. Sebaiknya Anda bisa menyimpan file di sharing folder agar bisa diakses oleh user lain. Disarankan agar koneksi tidak terputus dalam satu proses pengeditan. karena kadang kadang system sharingnya error dan file tidak bisa diupdate.

Kekurangan dari sharing system ini adalah pada saat file itu dalam status “shared”. Beberapa tools pada microsoft excel tidak bisa digunakan. contohnya seperti tool untuk membuat diagram, conditonal formating dan lain lain.

Begitulah cara setting untuk dapat mengedit satu file oleh beberapa user dalam satu jaringan. pekerjaan yang berat akan terasa ringan jika tidak dikerjakan, eh maksud saya terasa ringan jika dikerjakan bersama sama. Jadi jika ada file excel atau report yang bisa dikerjakan bersama, Kita bisa menggunakan sistem sharing ini.

BACA JUGA :

Kasih masukanmu di sini