Tips menghadapi orang yang sok pintar

Posted on
Jamkho produk alami

Tips menghadapi orang yang sok pintar. kadang – kadang kita bertemu dengan orang yang banyak bicara tetapi isi pembicaraannya tidak jelas atau tidak sesuai dengan kenyataannya. orang – orang seperti ini biasanya lebih mencari sensasi dari pada isi atau hanya sekedar cari muka didepan atasan atau seseorang yang disukainya.

Awalnya semua biasa biasa saja sampai suatu saat orang tersebut mengusik ketenangan kita. kali ini si tukang teori akan memberikan tips bagaimana menghadapi orang yang sok pintar.

tips menghadapi orang sok pintar ini terdiri dari beberapa step, berikut adalah step – step :

1. Jadilah pendengar yang baik

biarkan orang tersebut berbicara apa yang dia ketahui. kita hanya mendengarkan saja dengan baik. bukan hanya mendengarkan biasa, tetapi kita juga memperhatikan apa yang dia katakan dan pola pikirnya mengarah kemana serta jangan lupa merekam dalam ingatan anda bagian mana saja yang menjadi kekeliruan.

Tips menghadapi orang sok pintar

2. Berikan sedikit pertanyaan

Jika jumlah kesalahan argumen yang dia kemukakan dirasa kurang, maka coba lebih menggali lagi apa yang akan dia katakan dengan cara memberikan sebuah pertanyaan agar dia lebih banyak bercerita. dengan lebih banyak bercerita maka kekeliruan dari orang yang sok pintar akan lebih banyak dan ini merupakan tambahan option untuk kita kekeliruan mana yang akan kita bahas atau tanyakan nanti.

3. Jangan pernah potong pembicaraan

Memotong pembicaraan dari seseorang  yang sedang menggebu – gebu berbicara adalah sebuah tantangan untuk berargumen. ketika kita memotong pembicaraan seseorang maka kita tidak bisa menghindari adu argumen dengan orang tersebut.  Jika kita sudah cukup mengumpulkan pembicaraan maka adu argumen mungkin bisa dilakukan.

4. Sabar, tenang dan cari celah

seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa selama kita mendengarkan, kita harus mengumpulkan kekeliruan, ini merupakan sebuah celah untuk nantinya di counter kepada orang sok pintar tersebut.

5. beri pertanyaan dan fakta penjelasan

saatnya memberikan counter kepada orang sok pintar tersebut, dengan argumen argumen keliru yang telah kita kumpulkan, mulai lah memberi pertanyaan tentang ke absahan dari argumen tersebut, mungkin anda bisa bertanya tentang faktor pendukungnya atau kaitan dengan pembicaraan yang dilakukan.  beri sebuah fakta yang terjadi dilapangan seperti apa. agar terkesan tidak hanya sebuah teori.

6. biarkan dia menyadari kekeliruannya

setelah kita beri pertanyaan dan penjelasan biarkan dia menyadari kekeliruannya. agar dia tidak terlarut larut dengan argumennya yang salah, kita sebaiknya tidak meladeninya lagi dan kalau bisa pergi lah dengan tersenyum.

7. jangan menaruh kebencian

ini merupakan tambahan untuk anda. jangan menaruh kebencian, jadikan lah pengalaman menghadapi orang sok pintar adalah tantangan  dan pembelajaran untuk kita apakah kita juga pernah seperti itu kepada orang lain atau tidak. lakukan step step diatas dan arahkan niat anda untuk membuat orang yang sok pintar tadi sadar bukan menjadi ajang balas dendam atau pelampiasan kebencian.

setiap orang memiliki kepribadian yang berbeda dan mereka memiliki map atau cara pandang yang berbeda terhadap suatu masalah. mungkin bisa saja seseorang terlihat sok pintar padahal mungkin saja memang itu lah cara pandang dia.

semoga artikel tentang Tips menghadapi orang yang sok pintar ini bermanfaat untuk anda

 

BACA JUGA :

Kasih masukanmu di sini