Tips step by step wawancara kerja

Posted on
Jamkho produk alami

Mendapat pekerjaan di perusahaan yang bagus dengan perkembangan karir yang baik serta gaji yang bisa disebut mencukupi adalah impian banyak orang didunia ini. semua berlomba lomba untuk mendapatkan pekerjaan seperti itu. langkah awal untuk memasukki gerbang dunia kerja adalah serangkaian test dan wawancara.

Tahapan standar dari proses rekruitmen adalah registrasi dan pemenuhan syarat administrasi, jika administrasi lolos maka akan masuk ke tahap psikotes. setelah lolos ditahap psikotes maka akan masuk ke tahap tes tulis atau bisa saja langsung interview/wawancara.

TIPS STEP BY STEP WAWANCARA KERJA

Tips wawancara kerja

Tanpa banyak basa basi lagi, berikut adalah tips step by step wawancara kerja / job interview :

1. Siapkan berkas

sebelum berangkat ke tempat wawancara. siapkan berkas sebaik mungkin, rapih dan lengkap. jangan sampai ada yang tertinggal satu pun, selain informasi yang ada diterima oleh panitia rekruitmen biasakan tanya kepada orang yang pernah wawancara di perusahaan tersebut dokumen apa yang perlu dibawa. ini menjaga jika panitia salah memberikan informasi. minimal kita membawa berkas yang disyaratkan atau di informasikan oleh para panitia.

2. Tunakan pakaian yang sesuai

pemilihan pakaian harus tepat. untuk calon karyawan yang berhubungan dengan administrasi, keuangan, managerial, dan HRD sebaiknya menggunakan pakaian serapih mungkin, kalau bisa bagian atasnya bukan hanya memakai kemeja tetapi memakai jass sekalian. ini merupakan salah satu nilai plus untuk Anda. sedangkan untuk calon pegawai teknik/engineering tidak perlu terlalu rapih karena beberapa user/ pewawancara tidak terlalu mementingkan pakaiannya. selama kelihatan rapih maka semuanya fine fine saja.

3. Terjabat tangan

pada awal bertemu dengan pewawancara jangan lupa untuk berjabat tangan. ini adalah tanda utama kepercayaan diri anda sebagai calon pegawai dari perusahaan dan merupakan pemenuhan tata kesopanan. untuk anda yang terbiasa tidak salam dengan alasan bukan mukhrim cukup menelungkupkan tangan saja seperti biasa.

4. Tetap senyum dan jangan tegang

dari awal anda duduk di kursi panas sampai selesai, usahakan tetap tersenyum dan jangan memperlihatkan wajah yang tegang. jika dalam proses wawancara anda sempat kebingungan dengan pertanyaan pewawancara usahakan wajah anda kembali senyum dan tidak tegang.

5. Tatap mata pewawancara

pada saat proses tanya jawab berlangsung, diusahakan mata anda tertuju pada mata pewawancara. ini merupakan tanda anda adalah orang yang percaya diri dan siap menghadapi persoalan yang akan ditemukan pada saat anda berkerja nanti.

6. Jawab pertanyaan dengan tegas

jawab lah pertanyaan dengan tegas dan jelas jangan bertele tele. perlihatkan ke ekpresifan anda dengan menggerakan tangan ketika anda menjawab pertanyaan

7. Pertanyaan masalah gaji

untuk masalah gaji. dibeberapa tips wawancara lain sering dilarang untuk menanyakan soal gaji yang akan diterima. ya memang gaji adalah sesuatu hal yang sensitif jika ditanyakan seakan akan menggambarkan kita bekerja hanya untuk gaji bukan untuk kesejahteraan perusahaan dan pengembangan karir. tips dari tukang teori adalah jika anda wawancara untuk perusahaan negara/BUMN sebaiknya anda tidak menanyakan gaji apalagi anda adalah freshgrade. tanyakan tentang gaji jika anda bekerja di perusahaan swasta atau bahkan outsource.

sekian tips step by step wawancara kerja dari blog tukang teori, semoga bermanfaat. jika ada yang kurang silahkan sampaikan di kolom komentar. Tips step by step wawancara kerja

BACA JUGA :

Kasih masukanmu di sini