Mengaktifkan macro pada microsoft excel 2007

Posted on
Jamkho produk alami

Mengaktifkan macro pada microsoft excel 2007 harus dilakukan agar file yang berisi macro bisa dijalankan. dulu saya pernah membuka file penghitung lembur secara otomatis dari perusahaan. pas saya isi form yang ada di sheet, ternyata tidak menghitung secara otomatis. untung nya saya ingat bahwa file yang berisi macro tidak akan jalan jika macronya tidak di enable atau dengan kata lain tidak diaktifkan.

saya cek ke setting-an securitynya ternyata memang belum di enable alias semua file yang berisi macro tidak akan di eksekusi oleh microsoft excel. setelah macronya aktif, file tersebut akhirnya bisa diakses dengan baik. tukangteori.com akan berbagi caranya. meskipun cara ini sudah banyak tahu tapi mungkin saja kebetulan ada pembaca yang belum tahu masuk ke situs ini dan membacanya hehe. berikut ini adalah cara mengaktifkan macro pada microsoft excel 2007 atau dengan kata lain enable akses macro.

1. masuk ke tab menu Developer macro. jika tidak ada di daftar menu. coba munculkan terlebih dahulu. cara nya ada di postingan saya sebelumnya yaitu Cara menampilkan Tab Menu Develover di Excel 2007

2. klik “macro security”

Mengaktifkan macro pada microsoft excel 2007

Mengaktifkan macro pada microsoft excel 2007

3. setelah muncul pop up “trust center” pilih  “macro setting” kemudian pilih options “Enable all macros (not recommended; potentially dangerous code can run)” centang “Trust access to the VBA project object model” jangan lupa klik “OK”

Mengaktifkan macro pada microsoft excel

sekarang microsoft excel 2007 sudah bisa membuka file yang berisi macro didalamnya. saya tidak pernah bosan untuk mengingatkan pembaca untuk mencoba mempraktekan tutorial yang ada di blog tukangteori.com ini. semoga Artikelnya bermanfaat wassalam.

 

Mengaktifkan macro pada microsoft excel 2007

BACA JUGA :

Kasih masukanmu di sini