Pengenalan dan penjelasan Plugin WordPress

Posted on

Pengenalan dan penjelasan Plugin WordPress perlu disampaikan bagi anda yang baru saja membangun blog wordpress yang pertama. dengan mengenal plugin dan tipe tipe nya kita bisa meningkatkan kinerja blog wordpress yang sedang dibangun. pengertian plugin sendiri adalah aplikasi terbuat dari susunan kode-kode PHP yang memberikan fitur fitur tambahan kepada blog ber-platform wordpress agar lebih meningkatkan kinerja dan kualitas.

Pertama kali kita menginstal wordpress di hosting kita ada beberapa plugin yang sudah terinstal. bisanya plugin Hello Dolly dan plugin spam blocker yaitu akismet. 2 plugin ini tidak aktif dan kita harus mengaktifkannya. kita bisa menambahkan plugin plugin yang lain sesuai kebutuhan. plugin apa yang harus ditambahkan ? disinilah kenapa anda harus membaca Pengenalan dan penjelasan Plugin WordPress.

Pengenalan dan penjelasan Plugin WordPress

Pengenalan dan penjelasan Plugin WordPress

Ada banyak tipe plugin wordpress yang beredar di internet. tipe tipe ini berdasarkan dari fungsi dari plugin tersebut. berikut adalah tipe plugin wordpress berdasarkan fungsinya :

1. Plugin SEO

Plugin ini berfungsi untuk optimasi disisi SEarch Engine Optimization. Banyak sekali diinternet yang menyediakan plugin tipe ini, ada yang gratis tetapi kebanyakan berbayar karena plugin SEO adalah syarat utama Blog kita bisa berkembang dimata mesin pencari seperti Google, Bing dan Yahoo. contoh dari plugin SEO ini adalah SEO by yoast, All in one SEO Pack, SEO Platinum, google XML dan banyak lagi. Plugin Ini wajib untuk Anda Miliki, saya menyarankan SEO by Yoast jika Anda ingin gratisan.

2 Plugin Security

Plugin ini berfungsi untuk meningkatkan keamanan dari blog wordpress kita. dengan menginstal plugin jenis ini setidaknya kita mengurangi ancaman ancaman dari orang orang yang berniat jahat terhadap blog kita. kebanyakan yang sering menyerang blog adalah para Spammer. Hacker jarang sekali menyerang blog karena proses hack tidak secepat proses spam. salah satu plugin yang bagus untuk Security ini Adalah All in One Security

3. Plugin Form

Plugin Form berfungsi untuk membuat form form isian contohnya seperti halaman KONTAK. disana ada form yang harus di isi seperti nama, alamat email dan isian messagenya. form form tersebut dibuat dengan menggunkaan plugin tipe ini. pada awal awal belajar mungkin terlihat sulit untuk menggunakan plugin ini tetapi lama kelamaan akan cepat mahir. rekomendasi plugin ini dari dulu adalah contact form 7

4. Plugin Social

Plugin Social merupakan plugin yang penting dimasa sekarang karena social media adalah salah satu sumber trafik yang bagus. social media tidak pernah sepi. ada saja yang online setip detik nya. oleh karena itu penambahan plugin Social akan sangat penting untuk sebuah blog wordpress. mungkin anda sering melihat tombol tombol social media di sebuah blog. posisinya pun bermacam macam ada yang diatas blog ada yang di bawah dan ada juga yang menggantung di pinggir post. sekarang juga banyak yang menggunakan post komen dengan akun social media bahkan login juga dengan social media. plugin ini settingannya gampang gampang susah. untuk tombol dan komen post tidak terlalu ribet tetapi untuk fasilitas login dengan social media sangat ribet. pemula akan sangat kebingungan dengan ini tapi belajatr tetap harus.

Selain dari ke empat tipe diatas masih banyak lagi plugin plugin dengan fungsi fungsi tertentu. untuk mengetahui lebih dalam tentang plugin sebaiknya anda mencobanya dan mempelajari apa yang kurang dari blog Anda sehingga tahu mana plugin yang harus di tambahkan atau install. semoga artikel Pengenalan dan penjelasan Plugin WordPress  ini berguna bagi anda yang sedang belajar wordpress. jangan ragu untuk share and like karena teman anda juga mungkin membutuhkan artikel ini.

 

Pengenalan dan penjelasan Plugin WordPress

Kasih masukanmu di sini