Cara menghitung Diskon di Excel

Posted on
Jamkho produk alami

Cara menghitung Diskon di Excel | Diskon adalah sesuatu hal sangat di cari oleh orang orang, diskon adalah potongan harga yang diberikan oleh penjual/toko terhadap barang jualannya. diskon direpresentasikan dengan persentase mulai dari 0 sampai 99 persen. harga awal adalah 100% sedangkan diskon adalah potongan yang akan dikurangkan terhadap 100% tersebut.

Penghitungan diskon bisa juga dilakukan dengan menggunakan aplikasi microsoft Excel bahkan lebih mudah daripada hitung manual. Cara menghitung diskon dengan Excel tidak terlalu sulit, hanya menggunakan formula yang berisi operator matematika seperti perkalian dan pengurangan.

untuk lebih jelasnya bagaimana Cara menghitung Diskon di Excel, sebaiknya kita langsung mempraktekannya. langsung saja buka workbook anda !

masukan data seperti berikut sebagai contoh

Cara menghitung Diskon dengan Excel

Terlihat dari data diatas kolom F adalah nilai diskon yang diberikan. dalam praktek ini kita akan menghitung “total setelah diskon” dikolom G. total setelah diskon adalah harga yang diberikan setelah dipotong oleh diskon yang diberikan. contohnya untuk barang1 harga satuan adalah Rp. 1000 dikalikan dengan jumlah barang yang dibeli menjadi harga total.

untuk menghitung total setelah diskon, pilih cell G2 kemudian masukan formula perhitungan sederhana yaitu dengan mengurangkan E2 dengan hasil perkalian antara cell E2 dengan F2 . formula yang dituliskan seperti ini =E2-(E2*F2)

setelah memasukkan formula tersebut jangan lupa untuk mengkopi formula tersebut kebawah. dan hasilnya akan terlihat seperti berikut ini :

Cara menghitung Diskon dengan Excel

Terlihat pada gambar diatas pada kolom total setelah diskon terdapat hasil yang kita inginkan. Anda bisa memodifikasi formula yang ada sesuai kebutuhan karena mungkin saja format laporan yang anda miliki berbeda dengan contoh yang saya berikan. semoga tutorial singkat Cara menghitung Diskon dengan Excel ini berguna untuk anda dalam pembuatan laporan keuangan.

Cara menghitung Diskon pada Excel

BACA JUGA :

Kasih masukanmu di sini