Beberapa hal yang harus dihindari ketika berbicara dengan orang lain

Posted on
Jamkho produk alami

Beberapa hal yang harus dihindari ketika berbicara dengan orang lain | berbicara adalah sarana komunikasi yang paling ampuh karena dengan bicara kita bisa tukar pikiran dan mengakrabkan diri dengan orang lain. pintar berbicara merupakan anugrah yang luar biasa tetapi tidak selamanya membawa kebaikan dalam berkomunikasi. banyak sekali orang yang pintar berbicara justru terlalu mendominasi dalam sebuah pembicaraan atau obrolan.

Bayangkan jika anda mengenal seseorang yang anda tahu bahwa dia adalah seorang yang jago berbicara dan selalu mendominasi pembicaraan. awalnya mungkin anda mengapresiasi apa yang dia mampu lakukan tetapi lama kelamaan anda mulai bosan dengan dominasi pembicaraan dimana dia hanya mengutamakan eksistensi dan validasi dari orang-orang.

Beberapa hal yang harus dihindari ketika berbicara dengan orang lain

Jika kita berkaca kepada hal diatas, maka kita dapat melihat bahwa tidak selamanya pintar berbicara membawa dampak yang positif dalam berkomunikasi dengan orang lain. oleh karena itu Tukangteori.com kali ini akan membagi pengetahuan tentang beberapa hal yang harus dihindari ketika berbicara dengan orang lain.

berikut ini merupakan hal-hal yang harus dihindari ketika berbicara dengan orang lain :

1. berusaha untuk memenangkan Pembicaraan

Sebuah obrolan bukanlah merupakan sebuah pertandingan dimana harus ada yang menang dan yang kalah. kebanyakan orang selalu ingin mempertahankan argumentnya sendiri. padahal tidak semua obrolan membutuhkan kekuatan argument, justru yag dibutuhkan adalah sedikit candaan agar terasa lebih akrab dan menciptakan obrolan yang lebih berkualitas daripada sebuah arena adu argument.

2. Membanding bandingkan cerita lawan bicara dengan pengalaman sendiri

Sebisa mungkin kita menghindari diri dari membandingkan cerita orang lain dengan pengalaman kita sendiri. apapun perbandingannya, kita yang lebih sulit atau lebih mudah dengan apoa yang dia alami sebaiknya tidak membanding-bandingkannya. sering kali orang akan kehilangan kata-katanya ketika kita mulai membandingkannya dengan cerita kita atau orang lain.

3. Terlalu sering Curhat

Apakah Anda sering bertemu dengan orang yang ketika mengobrol selalu menceritakan apa yang dia alami alias curhat. Curhat boleh saja tetapi frekuensinya jangan terlalu keseringan karena lawan biacara kita akan merasa bosan mendengarkan curhat anda. kadang kadang orang orang yang keseringan curhat ini sudah terlalu overdosis. apapun materi yang kita bicarakan ujung ujungnya curhat dirinya sendiri -_-

4. Sering memotong pembicaraan

Ketika kita sedang berbicara di sebuah obrolan. ada seseorang yang sering mengiptrupsi atau memotong pembicaraan. Disitu kita yakin bahwa orang tersebut tidak begitu tertarik dengan apa yang kita bicarakan. jika Anda berada dalam kondisi yang dialami oleh orang tersebut sebaiknya anda hanya mendengarkannya tidak perlu membuat gaduh dan memotong pembicaraaan seseorang yang sedang asyik berbicara.

5. Gosip

Gosip adalah membicarakan kejelekan orang lain. ini merupakan sesuatu hal yang sia-sia dan bagi seorang Muslim adalah suatu perbuatan dosa besar. membicarakan keburukan orang lain tidak membuat kita lebih mulia tetapi justru membuat kita terlihat lebih  rendah dan hina. sebaliknya jika kita selalu positive tihinking, maka pancaran kebaikan kita akan membuat orang lain terbawa positif.

6. Debat

Mungkin suatu saat Anda akan menemukan seseorang yang selalu mengeluarkan opini-opini berlawanan dengan apa yang sedang dibicarakan. orang ini adalah si tukang debat, dimanapun dan kapan pun dia ingin berdebat. sebaiknya anda juga menghindari orang orang seperti ini karena waktu anda akan terbuang dengan sia-sia. Jika Anda sering mengeluarkan opini opini dan orang lain sering menghindari obrolan dengan anda maka anda kemungkinan anda sudah di cap sebagai si tukang debat

Itulah Beberapa hal yang harus dihindari ketika berbicara dengan orang lain. selain hal hal diatas masih banyak lagi yang perlu dihindari dalam berbicara dengan orang lain. yang perlu kita perhatikan dalam berkomunikasi adalh obrolan yang menguntungkan kedua belah pihak dan tidak menyebabkan kebencian diantaranya. semoga artikel ini bermanfaat untuk anda dan jangan lupa untuk share dengan orang lain.

hal yang harus dihindari ketika berbicara dengan orang lain

BACA JUGA :

Kasih masukanmu di sini