Penjelasan dan Penggunaan Fungsi INDEX

Posted on
Jamkho produk alami

Penjelasan dan Penggunaan Fungsi INDEX | Fungsi INDEX adalah salah satu fungsi untuk mengambil data dari suatu range tertentu. cara kerja dari fungsi ini adalah mengambil data pada cell berdasarkan dari posisi cell itu berada pada range tertentu. Posisi yang dimaksud adalah posisi berdasarkan Vertikal dan Horizontal bisa juga disebut berdasarkan titik koordinat (x,y). Titik nol (0,0) adalah posisi di paling kiri dan paling atas dari range yang akan kita masukan fungsi INDEX.

Format dari Fungsi INDEX seperti berikut :

=INDEX(array, row_num, [column_num])

Keterangan :
array : range data yang akan dijadikan acuan sumber data yang akan diambil.
row_num : angka yang menunjukkan posisi baris dengan acuan dari cell pertama ( kolom / baris ujung kiri atas ) dari array.
column_num :  adalah angka yang menunjukkan posisi kolom dengan acuan Row_num.

step by step proses penggunaan Fungsi INDEX ini adalah menentukan range yang akan menjadi kumpulan data acuan, menentukan baris data yang dituju kemudian menentukan posisi kolom tertentu berdasarkan baris yang dipilih.

Untuk lebih jelasnya, sebaiknya kita praktekan bagaimana Penggunaan Fungsi INDEX di microsoft excel :

1. Buka workbook seperti biasa
2. Masukan data seperti berikut :Penjelasan dan Penggunaan Fungsi INDEX3. Sekarang kita akan mengambil salah satu data dari tabel yang terlihat diatas yaitu angka 12 yang berada di cell D5. perhatikan posisi D5 berdasarkan range /table diatas. berada di baris ke berapakah cell yang berisi angka 12 tersebut , berdasarkan range diatas dia berada di baris ke 4 dan kolom ke 3.

Jadi penulisan formula untuk mengambil angka 12 seperti berikut ini :

=INDEX($B$2:$G$7,4,3)

4. Masukan Formula ini di cell mana sja yang Anda inginkan. jika setelah dimasukan formula hasilnya muncul angka 12 maka Anda sudah berhasil menggunakan fungsi INDEX ini. Anda bisa menigkatkan latihan dengan cara mencoba mengambil angka angka lainnya yang ada pada tabel diatas.

Jika dirasa penjelasan pada artikel Penjelasan dan Penggunaan Fungsi INDEX ini kurang, silahkan coba dulu praktek dan bila perlu tanyakan saja langsung di kolom komentar.

Penjelasan dan Penggunaan Fungsi INDEX

BACA JUGA :

Kasih masukanmu di sini