Penjelasan dan Penggunaan Fungsi MATCH

Posted on
Jamkho produk alami

Penjelasan dan Penggunaan Fungsi MATCH | Fungsi MATCH adalah fungsi yang berguna untuk mencari posisi suatu nilai dari sebuah range baik berupa sebuah kolom maupun sebuah baris ( hanya satu, kolom saja atau baris saja). fungsi ini berguna ketika kita ingin mencari ke urutan berapakah nilai yang kita punya. misalkan kita punya angka sepuluh, kira kira pada range nilai tertentu ke berapa kah peringkat nilai 10 itu.

Format penulisan dari Fungsi MATCH seperti berikut ini :

=MATCH(lookup_value, lookup_array, [match_type])

Keterangan :
lookup_value : nilai yang ingin dicari pada lookup_array.
lookup_array : range data dari suatu kolom atau baris.
match_type :  angka yang menunjukkan tipe pencocokan, penjelasannya sebagai berikut :
 1 : jenis pencocokan dimana lookup_array dalam keadaan terurut secara ascending (kecil ke besar). Pencocokan dilakukan dengan mengambil nilai terbesar dari range data yang lebih kecil atau sama dari lookup_value.

ilustrasinya ketika nilai yang kita punya (lookup_value) adalah 5 maka fungsi akan menghasilkan posisi dari nilai yang lebih rendah dari 5, jika dalam urutan data pada range  ada nilai 4 maka fungsi akan mengambil posisi dari nilai 4 tersebut. begitu pun jika nilai paling besarnya adalah 3 (dibawah nilai 5) maka fungsi akan menghasilkan posisi dari angka 3 tersebut

 0 :  jenis pencocokan dimana pada lookup_array dicari data yang sama persis dengan lookup_value. Urutan data tidak menjadi masalah. Jika diketemukan lebih dari satu data yang sama, maka akan diambil data yang pertama kali diketemukan secara sekuensial.

ilustrasinya adalah jika ada angka yang equal atau sama maka fungsi akan menampilkan posisi dari nilai tersebut. ketika kita punya nilai 4 maka fungsi akan menghasilkan posisi dari nilai 4 tersebut

-1 :  jenis pencocokan dimana lookup_array dalam keadaan terurut secara descending (besar ke kecil).  Pencocokan dilakukan dengan mengambil nilai terkecil dari range data yang lebih besar atau sama dari lookup_value.

Ilustrasinya kebalikan dari ilustrasi 1. diakan mengambil posisi dari nilai sama dengan lebih besar 4. misalkan 5, 6 dan seterusnya

fungsi ini akan terlihat kegunaannya jika digabungkan dengan Fungsi INDEX

Agar lebih jelas tentang Penjelasan dan Penggunaan Fungsi MATCH, mari kita praktekan saja langsung :

1. buka workbook Anda seperti biasa

2. masukan data sebagai berikut :

Penjelasan dan Penggunaan Fungsi MATCH

Kita akan menggunakan angka 3 sebagai lookup_value dan akan mencoba ketiga jenis match type, buat lah sebuah tabel dimana saja dan masukkan formula seperti berikut  :

Penjelasan dan Penggunaan Fungsi MATCHperhatikan fungsi yang digunakan untuk tipe match_type

tipe 1 atau sama dengan lebih kecil ( <= ) akan mengambil posisi cell yang berisi nilai sama dengan atau lebih kecil dari pada 3 dengan posisi urutan nilai Ascending. pada contoh diatas mengambil nilai sama dengan 3 sehingga fungsi ini menghasilkan angka 3 karena seseuai dengan cell yang berisi 3

tipe 0 atau sama dengan akan mengambil posisi cell yang berisi nilai sama dengan lookup value (3) dengan posisi urutan nilai Ascending. pada contoh di atas pada kolom yang menjadi lookup_array ( D3:D7) tidak terdapat angka 3 maka yang keluar hanya peringatan error ( #N/A)

tipe -1 atau sama dengan lebih besar ( >= ) mengambil posisi cell berisi nilai sama dengan atau lebih besar dari lookup_value (3) dengan posisi urutan descending. pada contoh diatas fungsi ini kan mengambil posisi dari angka 4 karena lebih dari 3 dan posisi cell yang berisi angka 4 adalah nomor 2 dari atas sehingga fungsi MATCH tersebut menghasilkan nilai 2.

fungsi fungsi lookup seperti ini harus sering dilatih supaya mahir dalam penggunaannya. semoga artikel ini cukup jelas menerangkan kepada anda tentang Penjelasan dan Penggunaan Fungsi MATCH. jika masih kurang jelas silahkan komentar di kolom komentar yang disediakan. dan yang terakhir adalah jangan lupa untuk share artikel Penjelasan dan Penggunaan Fungsi MATCH ini mungkin saja orang lain membutuhkannya juga.

Penjelasan dan Penggunaan Fungsi MATCH

Kasih masukanmu di sini