Wasit Menggunakan Vanishing spray untuk membuat garis pembatas di lapangan

Posted on

Wasit Menggunakan Vanishing spray untuk membuat garis pembatas di lapangan | Pada Piala Dunia 2014 ini ada beberapa hal yang berbeda dari piala dunia sebelum sebelumnya. Diantaranya adalah penggunaan Vanishing Spray untuk membuat garis pembatas di lapangan oleh wasit. penggunaan alat bantu ini sudah terlihat dilaga awal putaran final piala dunia yaitu ketika Brazil menghadapi Kroasia. Sang pengadil lapangan saat itu Yuichi Nishimura menyemprotkan suatu benda berbentuk busa.

penanda wasit

Vanishing spray akan digunakan ketika ada tendangan bebas di dekat gawang lawan. Wasit akan menandai batas bola kemudian akan menghitung jarak sekitar 9.15 meter. kemudian memberi garis pembatas agar pagar betis tidak terlalu dekat. hal ini sangat bermanfaat agar pemain bandel tidak bisa lagi mengambil jarak terlalu dekat dengan penendang bola. karena jika mereka terlalu dekat akan terlihat jelas oleh wasit. begitu juga penendang bola tidak bisa memajukan bola sembarangan lagi.

Vanishing spray untuk membuat garis pembatas di lapangan

Vanishing Spray ini bersifat sementara. zat yang berbentuk seperti busa itu akan menghilang sekitar 40 – 120 detik dari awal disemprotkan ke lapangan. Bahan kimia yang dipakai aman dan tidak beracun shingga tidak akan mengganggu pada kesehatan para pemain dilapangan.

Pada awalnya vanishing Spray ini ini ditemukan oleh pengusaha asal Argentina yaitu Pablo silva pada tahun 2002. sebenarnya alat bantu ini sudah beberapa kali digunakan pada pertandingan pertandingan sepak bola sebagai alat bantu untuk wasit. tetapi mulai Di Piala dunia 2014 ini secara resmi vanishing spray menjadi alat bantu wasit di pertandingan pertandingan piala dunia.

Semoga dengan adanya vanishing spray ini dapat memperkecil kesalahan kesalah oleh wasit dalam menjalankan tugasnya sebagai pengatur pertandingan. PMungkin saja diluaran sana ada yang setuju dan ada yang tidak dengan penggunaan vanishing spray ini. tetapi bagaimana pun ini adalah keputusan dari FIFA dan panitia piala dunia 2014.

Demikian lah artikel tentang Wasit Menggunakan Vanishing spray untuk membuat garis pembatas di lapangan. semoga menjadi pelengkap informasi anda mengenai Piala Dunia 2014 ini.

Wasit Menggunakan Vanishing spray untuk membuat garis pembatas di lapangan

BACA JUGA :

Kasih masukanmu di sini