Hati hati dengan aurat bagian belakang pada saat sujud

Posted on
Jamkho produk alami

Hati hati dengan aurat bagian belakang pada saat sujud | Salah satu syarat sah shalat adalah menutup aurat. Jika aurat yang harusnya ditutup pada saat shalat terbuka maka shalat yang dilakukan pada saat itu tidak sah. Seperti yang kita ketahui bahwa aurat untuk perempuan adalah seluruh badannya kecuali bagian wajah dan telapak tangan. sedangkan untuk laki laki seluruh bagian diantara pusar dan lutut.

Jika dalam kegiatan sehari hari yang dipermasalahkan dalam menutup aurat adalah perempuan, Beda lagi dengan pada saat shalat. Saya mau bertanya kepada laki laki, pernahkah anda melihat seseorang yang ketika sujud terlihat bagian belakangnnya ? atau Anda sendiri pernah mengalami hal tersebut ? Jika diperhatikan dengan seksama, bagian belakang ini sudah termasuk aurat yang harus ditutup karena berada dibagian bawah pusar. Hal ini bisa menyebabkan shalat kita batal jika tidak di tutup dengan baik karena menghilangkan salah satu syarat sah shalat.

Hati hati dengan aurat bagian belakang pada saat sujud

Sebisa mungkin pakaian yang dipakai bisa menutupi aurat tersebut ketika sujud. Rata rata yang menyebabkan terlihatnya aurat itu adalah pakaian berjenis T-shirt/kaos. Kaos yang ketat serta tingginya pas sepinggang pada saat keadaan berdiri, tidak menjamin bisa menutup aurat belakang ketika sujud. Diusahakan memakai kaos yang agak panjang, memang kurang begitu trendy tetapi bisa menyelamatkan ibadah kita. Sayang sekali jika shalat yang selama ini kita lakukan ternyata tidak sah karena kecerobohan kita dalam berpakaian.

Saya sendiri sering bingung ketika akan menjadi makmum (masbuk) melihat orang yang menjadi imam shalat pada saat sujud terlihat aurat bagian belakangnya. Ikutan bejamaah, sudah tahu bahwa imam shalatnya tidak sah. Tidak ikut berjamaah, kelihatan aneh oleh jamaah yang lain. serba salah, kadang kadang orang lain juga tidak memikirkan hal ini mungkin karena tidak tahu atau tidak melihat bahwa calon imamnya itu terlihat aurat pada saat sujud.

Jika Anda berpikir bahwa “Ibadah mah biar Allah yang menilai” (banyak sekali orang yang berpikir seperti ini) tentang hal ini, menurut saya itu adalah sesuatu hal yang konyol karena kita sudah mengetahui apa syarat sahnya shalat. sedangkan kita tidak memenuhi syarat tersebut, apakah akan diterima shalat kita ? Ibaratnya kita mengendarai sebuah mobil tetapi salah satu ban nya hilang. apakah mobil itu akan bisa jalan dengan baik atau sampai kepada tujuan ?

Semoga Artikel yang singkat ini menjadi pengingat para pembaca untuk lebih memperhatikan hal hal yang berkaitan tentang shalat dan syarat sahnya. Semua butuh usaha, termasuk dalam beribadah. Agama memang tidak menyusahkan kita, tetapi apa salahnya jika kita berusaha lebih baik 🙂

Hati hati dengan aurat bagian belakang pada saat sujud

BACA JUGA :

Kasih masukanmu di sini