8 Fakta Menarik dari Kentut

Posted on

Kentut merupakan salah satu proses tubuh yang membuat kita nyaman. Tanpa adanya kentut, gas yang ada dalam tubuh kita tidak bisa keluar dan akan mengakibatkan berbagai macam penyakit. Bahkan orang yang tidak bisa kentut dipastikan akan meniggal dunia dengan cepat. Meskipun kentut memalukan tetapi kita sangat membutuhkannya 🙂

8 Fakta Menarik dari Kentut

Tukangteori.com mempersembahkan kepada para pembaca semuanya tentang 8 Fakta enarik tentang kentut

1. Apakah kentut sebenarnya

Kentut disebabkan oleh udara yang terjebak dalam tubuh kita yang bisa berasal dari berbagai sumber. Sebagian besar  adalah udara yang dihasilkan akibat makanan dan minuman yang kita konsumsi. Sebagian udara lainnya disebabkan oleh gas yang merembes ke dalam usus dari darah, dan  yang dihasilkan oleh reaksi kimia dalam usus atau bakteri yang hidup dalam usus kita. Sebuah kentut terdiri dari sekitar 59 persen nitrogen, 21 persen hidrogen, 9 persen karbon dioksida, 7 persen metana dan 4 persen oksigen. Hanya sekitar satu persen dari kentut mengandung gas hidrogen sulfida dan merkaptan yang mengandung sulfur, dan sulfur adalah apa yang membuat kentut berbau busuk. Kentut membuat suara ketika udara dikeluarkan karena getaran rektum. Kenyaringan dapat bervariasi tergantung pada seberapa banyak tekanan balik gas, serta ketatnya otot sphincter.

2. Kenapa Kentut Bau

Kebauan subeh kentut berdasarkan pada makanan yang dikonsumsi. Makanan yang dapat menimbulkan kentut bau adalah makanan yang banyak mengandung sulfur. Contoh makanan yang banyak mengandung sulfur adalah kacang-kacangan, kubis, keju, soda, dan telur. Perlu anda ketahi bahwa gas kentut yang mengandung banyak sulfur dapat menyebabkan pengelupasan pada cat dari dinding.

3. Rata rata setiap orang kentut 14 kali sehari

Rata rata seorang manusia mengluarkan gas 14 kali dalam sehari. meskipun terdengar memalukan tetapi kenyataannya memang seperti itu. tidak ada perbedaan pria dan wanita dalam frekuensi mereka kentut. Jika seseorang kentut  berkala secara normal selama 6 tahun 9 bulan, maka energy yang terkumpul sama dengan satu buah bomb atom

4. Kecepatan kentut sekitar 10 kaki per second

Kecepatan kentut setiap orang berbeda beda. dari hasil penelitian, kecepatan kentut sekitar 10 kaki persecond. Sedangkan waktu seseorang mencium sebuah kentut sekitar 10-15 detik. Sepertinya orang Indonesia yang paling peka masalah seperti ini karena jika mencium bau yang familiar ini langsung berteriak dan menunjukan jadinya kearah orang lain 🙂

5. Menahan kentut tidak baik untuk kesehatan

Beberapa ahli berpikir bahwa kentut adalah bagian alami dari sistem pencernaan Anda, sehingga menahan sebuah kentut  berarti melwan sifat alami tubuh dan pastinya akan merugikan. menahan kentut menyebabkan kembung dan gejala tidak nyaman lainnya, dan paling buruk, menahan gas terlalu lama dapat menyebabkan wasir.

6. Kentut mudah terbakar

Sebagaimana dinyatakan di atas, metana dan hidrogen dalam kentut yang diproduksi membuat gas mudah terbakar. Inilah sebabnya mengapa beberapa orang berpikir itu adalah trik. Jika Anda memasukan gas kedalam wadah khusus dan membakarnya, akan menghasilkan ledakan api yang lumayan besar, tapi jangan dicoba karena jelas sangat berbahaya kecuali Anda nekad. Ada sebuah kasus yang jarang terjadi, penumpukan gas di dalam usus seseorang telah menyebabkan ledakan selama operasi usus.

7. Jika kita menahan kentut sepanjang siang, maka akan keluar pada saat kita tidur

8.  Manusia kentut meskipun mereka sudah mati

Selama dalam tubuh anda terjadi reaksi kimia pasti akan menghasilkan gas, bahkan setelah Anda sudah mati! Hingga tiga jam setelah tubuh mati, gas terus melarikan diri dari kedua ujung saluran pencernaan, sehingga bersendawa atau kentut. Fenomena ini disebabkan otot-otot berkontraksi dan memperluas sebelum rigor mortis untuk mengeluarkan gas hasil reaksi kimia sebelum seseorang mati.

sumber

8 Fakta Menarik dari Kentut

Kasih masukanmu di sini