6 hal yang tidak boleh dilakukan setelah makan

Posted on
Jamkho produk alami

Makan merupakan kebutuhan kita sehari hari. Tubuh kita memerlukan zat – zat yang terdapat pada makanan. Tanpa makan kita tidak bisa melakukan kegiatan sehari hari dengan baik bahkan tidak bisa hidup 🙂 . Perlu Anda ketahui bahwa ada  6 hal yang tidak boleh dilakukan setelah makan karena akan mengurangi manfaat dari makan itu sendiri.

BEBERAPA HAL YANG TIDAK BOLEH DILAKUKAN SETELAH MAKAN
1. Tidur Setelah makan

Tidur setelah makan merupakan hal yang tidak baik karena sistem pencernaan kita tidak akan optimal ketika kita tertidur. Karbohidrat yang seharusnya tercerna dengan baik akan berubah menjadi endapan endapan lemak. Oleh karena itu, banyak orang yang sering tidur setelah makan bertambah berat badannya. Selain itu, orang yang sering tidur setelah makan beresiko mengalami penyakit Maag, kerongkongan terasa terbakar, obesitas dan bahkkan stroke.

2. Meminum teh segera setelah makan

Minum teh paling tidak sejam sebelum atau setelah makan akan mengurangi daya serap sel darah terhadap zat besi sebesar 64 %. Pengurangan daya serap akibat teh ini lebih tinggi daripada akibat sama yang ditimbulkan oleh minum segelas kopi setelah makan. Kopi mengurangi daya serap hanya 39 %.

Pengurangan daya serap zat besi itu diakibatkan oleh zat tanin dalam teh. Selain mengandung tanin, teh juga mengandung kafein, polifenol, albumin, dan vitamin. Tanin bisa mempengaruhi penyerapan zat besi dari makanan terutama yang masuk kategori heme non-iron, misalnya padi-padian, sayur-mayur, dan kacang-kacangan.

3. Mandi setelah makan

Jangan langsung mandi setelah makan. Karena saat tubuh melakukan kegiatan metabolisme, mengolah, menyerap dan mengalirkan zat-zat makanan, suhu tubuh meningkat tajam. Tak heran kita sering merasa gerah dan berkeringat setelah makan. Suhu meningkat disebabkan aliran darah yang lebih cepat. Dalam kondisi itu, bila kita tiba-tiba menyiram tubuh dengan air, berarti kita memberikan kejutan pada permukaan tubuh. Aliran darah dan syaraf-syaraf di kulit tiba-tiba menjadi dingin. Bila ini sering terjadi, maka akan terjadi kerusakan permanen pada pembuluh darah. Ini dapat menjadi cikal bakal penyumbatan aliran darah atau stroke !

4. Memakan buah setelah makan

Memakan buah setelah makan akan meningkatkan kecepatan pembusukan dalam lambung. Hal ini menyebabkan makanan dan buah itu sendiri tidak tercerna dengan baik. Selain itu, hasil  campuran dari makan dan buah tersebut akan menghasilkan gas. oleh karena itu, kita akan merasakan perut kembung dan sering nya sendawa.

5. Berjalan setelah makan

Berjalan setelah makan besar adalah suatu ide yang buruk. karena sistem pencernaan akan terganggu akibat goncangan-gocangan yang dialami ketika kita sedang berjalan. sistem tubuh juga terkonsentrasi untuk berjalan tidak daripada untuk mencerna makanan. berjalan juga dapat mngakibatkan asam yang ada pada lambung keluar menuju kerongkongan dan ini akan mengakibatkan kerongkongan terasa panas hal ini disebut juga refluks asam.

6. Makan setelah makan lagi

Ini hal yang paling buruk. makan setelah makan lagi mencerminkan Anda adalah manusia yang maruk alias serakah :D. hal ini dapat mengakibatkan kekenyangan yang dahsyat sampai sampai Anda tidak bisa berjalan untuk beberapa lama, mungkin bisa saja satu jam atau lebih hahaha.

Beberapa hal yang tidak boleh dilakukan setelah makan

Mulai lah melakukan pola hidup sehat dengan menjaga diri dari Beberapa hal yang tidak boleh dilakukan setelah makan. Seperti kata pepatah bahwa mencegah lebih baik dari pada mengobati. Beberapa hal yang tidak boleh dilakukan setelah makan menambah pengetahuan tentang kesehatan dan menjaganya.

BACA JUGA :

Kasih masukanmu di sini