Teknik Menghadapi Orang Berkarakter Koleris

Posted on
Jamkho produk alami

Seperti yang kita ketahui bahwa orang koleris mempunyai sifat dasar yang kerasa dan tegas. Sifat ini kadang kadang menjadi seseorang yang berkarakter dominan koleris dijauhi oleh teman temannya karena terkesan bossy (banyak mengatur seperti boss). Selain Tegas, orang yang berkarakter koleris juga mempunyai kebiasaan membicarakan diri sendiri dari pada membicarakan hal atau orang lain.

Dalam suatu kelompok pertemanan pasti ada orang yang berkarakter koleris. Cara melihatnya sangatlah mudah, jika ada seseorang yang sering mengatur atau sering memberikan masukan tentang kondisi team atau group pertemanan bisa dibilang dia lah orang yang memiliki karakter koleris. atau seperti yang saya sebutkan sebelumnya tadi seseorang yang berkarakter koleris lebih suka membicarakan diri sendiri.

Teknik Menghadapi orang Berkarakter Koleris

Apapun karakter dominan yang dimiliki teman kita, Kita harus bisa menghadapinya dengan baik agar pertemanan dapat dijaga dengan utuh. Pada artikel ini akan membahas tentang teknik menghadapi orang yang berkarakter koleris. Selain untuk menjaga pertemanan dengan orang yang berkarakter koleris, teknik ini juga bisa digunakan untuk menghadapi atasan, bawahan atau bahkan tetangga yang mempunyai karakter tersebut.

Berikut ini adalah poin poin penting yang harus dilakukan ketika menghadapi orang yang berkarakter koleris

1. Menjadi pendengar yang baik

Orang yang berkarakter koleris sangat senang membicarakan dirinya sendiri. Ketika dia mulai berbicara jangan pernah memotong, dengarkanlah dengan baik. Dalam jeda dia bicara usahakan mengeluarkan pertanyaan kepadanya agar dia mengetahui bahwa kita respect terhadap apa yang sedang diceritakan. Hal ini dilakukan agar suatu saat ketika kita menyampaikan pendapat, dia dapat respect juga terhadap kita untuk tidak memotong pembicaraan dan menghargai isi dari apa yang kita utarakan.

2. Sanggah pendapatnya dengan tawaran

Kadang pendapat atau keputusan yang dikemukakan oleh seseorang yang mempunyai karakter koleris tidak sesuai dengan keinginan kita atau keinginan anggota team. Untuk menyanggah secara langsung suatu pendapat atau keputusan seorang yang berkarakter keras seperti koleris ini sepertinya akan berakibat fatal. Kita bisa menggunakan “tawaran”. Sebisa mungkin kita mengumpulkan argumen tentang benefit keputusan yang dikeluarkan oleh dia dengan keputusan lain yang banyak disetujui oleh anggota team. Misalkan ketika kita mengambil A maka keuntungannya adalah blablabla sedangkan jika mengambil keputusan B maka kita akan lebih blablabla dan sebaiknya kita mengambil keputusan B karena benefitnya lebih besar bagi kepentingan team.

3. Jangan ikut menjauhi

Ketika orang lain menjauhi orang yang berkarakter koleris karena sifatnya yang bossy, sebaiknya kita tidak ikut menjauhinya. Inilah kesempatan kita untuk membuktikan bahwa kita adalah teman sejatinya. Dimana orang lain meninggalkannya, justru kita tetap ada bersamanya. Jangan lupa untuk sedikit sedikit memberi masukan tentang sifatnya yang terlalu bossy tersebut agar bisa dikurangi. katakan padanya bahwa tidak setiap orang suka diperintah.

Setelah mengerti tentang 3 poin diatas, silahkan para pembaca untuk mencoba menghadapi teman anda yang berkarakter koleris. Jika ada pendapat lain tentang bagaimana cara menghadapi orang berkarakter koleris, para pembaca bisa menambahkan dikolom komentar yang nantinya akan saya tambahkan di artikel ini. Semoga artikel tentang Teknik Menghadapi orang Berkarakter Koleris bermanfaat untuk para pembaca dalam kehidupan sosial sehari hari.

Teknik Menghadapi Orang Berkarakter Koleris

BACA JUGA :

Kasih masukanmu di sini