Cara memberi Highlight otomatis pada cell dengan data tertentu

Posted on
Jamkho produk alami

Cara memberi Highlight otomatis pada cell dengan data tertentu – memberi highlight pada data-data tertentu secara manual memang pekerjaan yang sangat mudah, anda tinggal memilih cell kemudian klik fill dan pilih warna yang di inginkan. untuk data yang sedikit memang mudah tetapi jika kita mengolah data yang banyak alangkah merepotkan jika kita harus memberi warna Highlight satu persatu.

ada cara untuk memberi Highlight pada cell berisi data tertentu secara otomatis dengan menggunakan fasilitas conditional formating. apa itu conditional formating ? fasilitas conditional formating adalah fasilitas yang tersedia pada microsoft excel fasilitas  ini akan berfungsi berdasarkan kondisi dari cell tertentu. di postingan kali ini kita akan membuat conditional formating untuk cell yang berisi data text tertentu.

pada latihan ini kita akan memberi highlight pada cell yang berisi huruf A pada Absensi siswa. selain huruf A anda juga bisa berkreasi dengan text yang lain sesuai keinginan anda.

untuk lebih jelasnya, langsung saja kita praktekan Cara memberi Highlight otomatis pada cell dengan data tertentu

1. buka workbook baru  kemudian isi data sebagai berikut :

Cara memberi Highlight otomatis pada cell dengan data tertentu

2. blok A2:G16 kemudian pilih Menu Home >>styles >>Conditional formating >>Highlight Cells Rules>> text that contains

Cara memberi Highlight otomatis pada cell dengan data tertentu

3. pada window yang muncul isi seperti berikut : (bisa juga di masukan huruf H )

Cara memberi Highlight otomatis pada cell

4. hasilnya Cell yang berisi huruf A akan di beri highlight merah seperti ini :

Cara memberi Highligh pada cell dengan data tertentu

selain merah anda juga bisa memberi warna yang lain seperti hijau, kuning bahkan bisa pilih sendiri warna yang lebih disukai dengan pilihan custom format

Cara memberi Highlight otomatis

tutorial Cara memberi Highlight otomatis pada cell dengan data tertentu memang agak rumit tetapi masih bisa dibilang gampang. mungkin setelah ini akan ada tutorial tentang conditional formating yang lebih rumit tetapi jangan khawatir karena tutorial yang ada di tukangteori.com akan dibuat semudah mungkin untuk dicerna oleh para pembaca.

Cara memberi Highlight otomatis pada cell dengan data tertentu

 

BACA JUGA :

Kasih masukanmu di sini