Ciri Ciri Orang yang Sok Tahu

Posted on
Jamkho produk alami

Ciri Ciri Orang yang Sok Tahu | Orang yang sok tahu memang menyebalkan. Mereka selalu membuat kita tidak merasa nyaman dengan sikapnya. Ada kalanya pendapat kita dibantah habis habisan padahal isi dari bantahannya tidak terlalu bermutu bahkan jauh dari tujuan pembicaraan. Ada sebuah kebingungan ketika kita berhadapan dengan orang yang sok tahu. Jika kita membantahnya dan memberitahu bahwa dia salah, Takutnya akan menyakiti hatinya. Tetapi ketika di biarkan saja malah kita yang tidak nyaman dengan keadaan tersebut.

Mungkin kita bisa saja dengan mudah menyebut orang lain lain adalah orang yang sok tahu. Tetapi jangan lupa untuk melihat kepaa diri kita sendiri apakah kita adalah salah satu dar orang yang sok tahu tersebut :). berikut ini adalah Ciri Ciri Orang yang Sok Tahu :

Ciri Ciri Orang yang Sok Tahu
Ciri Ciri Orang yang Sok Tahu

1. Memamerkan kepintaran

Orang yang sok tahu pastinya akan sebisa mungkin memperlihatkan bahwa dia adalah orang yang pintar. Dia akan mengeluarkan argumentasi disetiap kesempatan bahkan ketika orang ornag tidak mengharapkan itu. Selain itu, dia akan banyak menceritakan tentang keberhasilan keberhasilan yang telah dicapai karena kepintarannya, Baik itu kejadian nyata atau hanya karangannya saja.

2. Selalu ikut campur pembicaraan orang

Karena orang sok tahu ini merasa selalu kompeten dalam segala bidang, dia merasa pantas untuk ikut campur dalam sebuah pembicaraan meskipun tidak diharapkan oleh orang lain. Pastinya orang yang sedang melakukan pembicaraan akan merasa terganggu karena ikut campurnya orang lain yang tidak berkepentingan. Sekalipun memang orang tersebut mengerti apa yang dibicarakan. Tidak semua pembicaraan harus kita ikuti sekali pun hal yang dibicarakan adalah bidang keahlian kita, Kecuali diminta oleh orang yang sedang melakukan pembicaraan tersebut.

3. Merendahkan pendapat orang lain

Betapa menyebalkannya ketika pendapat kita direndahkan orang lain. Bukannya memunculkan pendapat pembanding, ini malah membahas kelemahan dari pendapat yang kita utarakan. Orang yang sok tahu akan melakukannya karena dia ingin semuanya berpikir bahwa dia adalah orang yang pintar. Tetapi dia sendiri tidak punya pendapat untuk dikeluar yang nantinya akan menjadi pembanding bagi pendapat kita.

4. Tidak mau menerima kelemahan

Orang yang sok tahu sedikit pun tidak mau menerima kelemahan. Dia akan berargumen ketika berada pada posisi ketidak tahuan. Ketika kita memberitahukan sesuatu hal, dia bukannya menerima dengan baik hal tersebut. Tetapi malah mempertanyakan kebenaran dari apa yang kita beritahukan. Bahkan berargumen bahwa apa yang kita sampaikan adalah hal yang salah atau rancu. Memang membingungkna tetapi kita harus sedikit bersabar menghadapi orang yang seperti ini.

5. Sering terlibat perdebatan yang konyol

Ini mungkin hal yang paling menyebalkan dari orang sok tahu. Kami namakan ini “perdebatan yang konyol” karena perdebatan yang terjadi akan terlihat konyol dengan argumen argumen yang tidak nyambung. Kadang kadang orang yang berwatak sok tahu ini berargumen dalam sebuah debat tetapi dia tidak melihat kapasitas dari dirinya sendiri yang tidak tahu menahu tentang apa yang diperdebatkan. Orang yang menjadi lawan debatnya akan kebingungan karena argumen yang dikeluarkan tidak sedikit pun berhubungan dengan tema masalah yang diperdebatkan. Akhirnya orang tersebut tidak bisa menjawab apa apa lagi karena perasaannya dibanjiri rasa sebal/kesal dan pikirannya sudah terlanjur pusing karena mendengarkan argumen yang ngawur. Dan yang konyolnya adalah orang yang sok tahu ini merasa menang dalam perdebatan tersebut :D.

Apakah sikap anda selama ini mempunyai ciri ciri diatas ?, Jika iya, maka mulai hari ini sebisa mungkin mengurangi hal hal tersebut karena sejujurnya orang lain tidak akan merasa nyaan berada disamping Anda. Tetapi jika tidak ya Alhamdulillah dan jangan sedikit pun melakukan ciri ciri orang sok tahu diatas. Semoga informasinya bermanfaat untuk para pembaca 🙂

Ciri Ciri Orang yang Sok Tahu

BACA JUGA :

Kasih masukanmu di sini