Menghilangkan Data yang Sama Pada Microsoft Excel

Posted on

Menghilangkan Data yang Sama Pada Microsoft Excel. Dalam suatu proses pengolahan data kadang kadang kita memisahkan data yang unik atau tidak sama dengan yang lainnya agar bisa di proses lebih lanjut. Microsoft Excel memberikan sebuah fasilitas bagi penggunanya untuk menghilangkan data yang sama dalam suatu kolom atau baris tertentu. Sehingga data menjadi unik atau tidak ada kesamaaan dalam suatu kolom atau range tertentu. nama fasilitas tersebut adalah Remove Duplicates. penggunaan Fasilitas ini sangat lah mudah.

berikut cara Menggunakan Remove Duplicates untuk menghilangkan data yang sama :

1. buka workbook baru Excel mu

2. masukan data sebagai berikut :

data yang sma

Terlihat pada data yang di masukkan di atas, huruf A dan B mempunyai jumlah lebih dari satu, sekarang kita akan menghilangkannya dengan menggunakan fasilitas Remove Duplicates.

3. blok range A1:A7

4. Pilih menu Data >> Data Tools >> Remove Duplicates

Menghilangkan Data yang Sama

pada window yang muncul akan keluar pilihan kolom A karena kita tidak memiliki header khusus, langsung saja klik OK

remove-duplicates

akan muncul keterangan seperti berikut :

bloajds

dah hasilnya akan seperti berikut ini :

wakwas

Terlihat bahwa huruf huruf yang memiliki kesamaan sekarang hanya menjadi satu huruf saja. fasilitas ini sangat berfungsi bagi anda yang ingin mengolah data unik untuk keperluan tertentu. Anda bisa juga menghilangkan data dikolom lain yang sebaris dengan data yang bersifat unik sehingga tidak perlu takut bahwa datanya yang satu baris tidak bersesuaian. Sekian tutorial Menghilangkan Data yang Sama Pada Microsoft Excel, semoga bermanfaat

Kasih masukanmu di sini