Penjelasan tentang penyakit Bipolar Disorder

Posted on
Jamkho produk alami

Beberapa waktu kemarin ramai pemberitaan tentang Marshanda yang mengadukan Ibunya sendiri, Riyanti Sofyan kepada Polisi. Riyanti terkena tuduhan memasung anaknya sendiri. Namun tuduhan tersebut dibantah oleh Riyanti, Dan beliau mempunyai bukti yang kuat untuk hal itu. Sebenarnya, Marshanda saat ini sedang mengidap penyakit bipolar disorder. Dimana penderita penyakit ini akan mengalami perubahan mood secara ekstrim, sehingga penderitanya menjadi sosok yang memiliki sifat aneh yang sulit dimengerti orang-orang di lingkungan sosialnya. Karena bagi orang normal, rasa sedih dan senang, pasti bisa dikendalikan dan dipisahkan. Tetapi tidak bagi penderita penyakit ini.

Penjelasan tentang penyakit Bipolar Disorder
Penjelasan tentang penyakit Bipolar Disorder

Penjelasan tentang Bipolar disorder

Bipolar Disorder adalah penyakit gangguan psikologi yang ditandai dengan perubahan perasaan atau mood yang sangat ekstrim, yaitu berupa depresi dan mania. Istilah Bipolar diambil dari dua kutub perasaan yaitu perasaan depresi dan perasaan mania. Penderita penyakit ini akan sering mengalami perubahan kutub secara tiba tiba dari deresi ke mania atau pun sebaliknya.

Suasana hati yang dialami oleh penderita berubah seiring dengan perasaanya. Jangan aneh ketika dia senang sekali beberapa menit kemudian kelihatan murung dan depresi. Seolah-olah dia tidak pernah merasakan kebahagiaan di menit menit sebelumnya. Suatu ketika, seorang pengidap bipolar disorder bisa merasa sangat antusias, sangat bahagia dan bersemangat (mania). Namun, ketika mood-nya berubah buruk, ia bisa sangat depresi, pesimis, putus asa, bahkan sampai mempunyai keinginan untuk bunuh diri (depresi).

Ada beberapa faktor yang menyebabkan seseorang terkena penyakit Bipolar Disorder ini. Faktor faktor tersebut terbagi menjadi dua. yaitu, Faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal mengacu pada gen yang dibawanya sejak lahir. Hail penelitian menyebutkan bahwa semakin tua umur laki-laki ketika istrinya mengandung, maka semakin tinggi risiko anaknya terkena bipolar. Hal tersebut berkaitan dengan mutasi gen yang mengatur perkembangan syaraf yang memicu kelainan pada DNA.
Sedangkan faktor eksternal penyakit bipolar erat kaitannya dengan kehidupan masa lalu yang pernah dihadapi penderita. Sepertinya para penderita menghadapi masa kecil yang tidak menyenangkan, tekanan dari dalam diri maupun luar, atau pernah mengonsumsi narkoba dan sejenisnya. Penyakit ini mulai terlihat ketika penderita memasuki usia remaja yang biasanya terlihat dibawah usia 25 tahun.
Ada 3 tingkat emosi yang bisa dirasakan para penderita bipolar disorder :

Mania
Pada Tingkat mania, penderita memiliki rasa bahagia pada hatinya dan semangat yang luar biasa. Sering sekali penderita pun mengalami kesulitan tidur karena merasa sangat produktif. Lebih ekstrem lagi, mereka kadang berpikir tak membutuhkan orang lain karena rasa percaya diri yang berlebihan.

Depresi
Ini merupakan kebalikan dari Mania. depresi digambarkan sebagai situasi buruk dengan tekanan dari dalam atau pun luar. Jika tak tertangani dengan baik, penderita bipolar yang mengalami tingkat emosi ini bisa terjerumus ke hal-hal negatif, yang paling ekstrim adalah  bunuh diri.

Campuran
Ini adalah tingkat emosi yang membingungkan. Keadaan seperti ini hanya bisa dikenali ketika penderita sedang menceritakan suatu hal. contohnya ketika seseorang menceritakan tentang penderitaan atau hal negatif lainnya dengan gaya dan suasana yang menyenangkan dan ceria. Begitu juga sebaliknya ketika dia menceritakan sesuatu hal yang menyenangkan.

Terdapat 2 tingkat Bipolar Disorder, Bipolar I dan Bipolar II. Pada Bipolar I perasaan mania akan lebih banyak muncul dibandingkan dengan Depresi. Sedangkan pada tingkat selanjutnya Bipolar II, Perasaan Depresi justru akan lebih banyak muncul. Menurut penelitian, Penyakit ini cendrung banyak ditemukan pada wanita daripada pria. perbandingannnya adalah 2:1. Bagi Anda wanita, untuk mengecek apakah Anda mengidap penyakit ini silahkan tanya kepada pasangan, apakah mood Anda berubah secara ekstrim atau tidak. Bagi yang tidak punya pasangan silahkan tanyakan pada tiang listrik Teman dilingkungan Anda 🙂

Penjelasan tentang penyakit Bipolar Disorder

Kasih masukanmu di sini