Perbedaan relative dan absolute reference

Posted on
Jamkho produk alami

Dalam pembuatan sebuah formula kita harus memperhatikan beberapa hal diantaranya adalah menentukan sifat dari referensi. sifat referensi ada 2 yaitu referensi relative dan referensi absolute.

referensi relative merupakan referensi yang berubah jika terjadi penyalinan formula pada cell lain berikutnya, contoh nya jika kita memasukan fungsi SUM pada cell D1 untuk menghitung A1 sampai C1 (=SUM((A1:C1)) dan menyalin/mengkopi formula itu ke cell D2, maka pada cell D2 fungsi akan berubah menjadi menjumlahkan dari A2 sampai C2 (=SUM(A2:C2)).

sedangkan referensi absolute merupakan referensi yang tetap atau tidak berubah jika terjadi penyalinan formula pada cell lain berikutnya.  contoh nya jika kita memasukan fungsi SUM pada cell D1 untuk menghitung A1 sampai C1 (=SUM(($A$1:$C$1)) dan menyalin/mengkopi formula itu ke cell D2, maka pada cell D2 fungsi tidak akan berubah menjadi menjumlahkan dari A2 sampai C2 melainkan tetap mengjumlahkan dari A1 sampai C1  (=SUM($A$1:$C$1)).

kita bisa menggabungkan referensi absolute dan relative ini dengan cara merubah pada kolom atau baris nya, bisa saja untuk contoh di atas kita memasukkan referensi pada fungsi seperti ini =SUM($A1:$C1) atau =SUM(A$1:C$1) dan hasilnya pun akan berbeda tentunya.

jika kita memasukan tanda $ satu persatu pada referensi yang kita buat terasa merepotkan, anda bisa menggunakan cara :

pilih cell yang memiliki fungsi yang akan kita ubah

pilih referensi, untuk contoh diatas A1 dan C1,

pilih A1 kemudian tekan F4

  • tekan 1 kali untuk all absolute
  • tekan 2 kali untuk row absolute
  • tekan 3 kali untuk column absolute
  • tekan 4 kali untuk all relative

referensi-absolute

untuk postingan Perbedaan relative dan absolute reference saya rasa sudah cukup jelas

jika ada yang merasa tidak jelas, jangan ragu untuk menanyakannya di kolom komentar

BACA JUGA :

Kasih masukanmu di sini