Tips Persiapan Pertama kali naik pesawat terbang

Posted on
Jamkho produk alami

Menaiki pesawat terbang bagi beberapa orang mungkin sesuatu hal yang baru. Tidak semua orang bisa bepergian dengan mudah menggunakan pesawat terbang karena tiket pesawat lebih mahal dibandingkan dengan tiket kendaraan umum lainnya. Selain itu, penggunaan pesawat terbang biasanya untuk perjalanan yang jauh seperti antar provinsi, antar pulau dan antar negara.

Tips Persiapan Pertama kali naik pesawat terbang
Tips Persiapan Pertama kali naik pesawat terbang

Bagi Anda yang akan melakukan perjalanan dengan pesawat untuk pertama kali, Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan dipersiapkan. Jangan sampai kesan pertama menaiki pesawat terbang tidak terlalu  menyenangkan. Karena seperti jargon iklan bilang ” kesan pertama sungguh menggoda, selanjutnya terserah Anda” :). Ada 2 hal yang perlu diperhatikan ketika Anda akan bepergian dengan menggunakan pesawat terbang. Pertama adalah persiapan apa saja yang harus dilakukan dan apa yang harus dilakukan ketika di bandara.

 

Persiapan untuk menaiki pesawat terbang untuk pertama kali

1. Siapkan barang bawaan

Persiapkan dengan baik barang bawaan Anda jangan sampai ada yang tertinggal. karena ketika sudah naik pesawat tidak mungkin meminta pilot untuk kembali lagi ke bandara semula atau mampir dulu ke rumah Anda 😀 . Total seluruh barang bawaan jangan sampai melebih kuota yang diberikan oleh penerbangan. biasanya tidak boleh lebih dari 20 kg.

2. Persiapkan tiket pesawat 

Beli tiket pesawat ditempat terpercaya bisa ke agen tiket atau membelinya secara online dari web penyedia penerbangan. Jika tiketnya berbentuk pdf jangan lupa untuk print file tersebut maksimal 2 hari sebelum keberangkatan.

3. Jaga kesehatan dengan baik

Ketika akan berangkat jauh sebisa mungkin menjaga kesehatan dengan baik. Pastikan tekanan darah Anda normal, dibandara biasanya tidak ada pemeriksaan tekanan darah tetapi ini harus diperhatikan karena ketika lepas landas akan tarikan kebawah akibat posisi pesawat yang semakin naik. Ketika tekanan darah anda rendah pasti akan mengalami pusing pusing ketika menaiki pesawat. Karena ini perjalanan jauh dan perjalanan yang penting maka tubuh yang fit sangat dibutuhkan.

4. berangkat lebih awal

Berangkatlah lebih awal dari jam keberangkatan. Kita bisa check in 1 atau 2 jam sebelum keberangkatan. Selain itu, dengan berangkat lebih awal kita bisa mengukur ketepatan waktu berangkat. Sehingga untuk selanjutnya kita tahu harus berangkat jam berapa. Jangan sampai kebiasaan Anda ngaret sekolah, kuliah dan kerja terbawa pada saat akan menaiki pesawat. Ketika anda telat menaiki pesawat maka lama lagi Anda bisa mendapatkan pesawat yang lainnya dan biasanya harga tiket nya jauh lebih mahal.

5. Bisa membaca petunjuk di bandara

Dibandara terdapat beberapa papan petunjuk yang berfungsi untuk lebih mudah mengarahkan para penumpang ke pesawat tujuan mereka atau sekedar keluar dari bandara. yang sering dijumpai adalah papan devarture serta papan penanda gerbang. Sebelum memasuki bandara jangan lupa bilang kepada supir yang mengantarkan Anda untuk berhenti digerbang mana. Ini harus dilakukan karena jika salah gerbang Anda akan menghabiskan banyak waktu karena jarak antar gerbang biasanya cukup jauh.

Setelah semua persiapan dilakukan saatnya berangkat, jangan lupa untuk berdoa terlebih dahulu sebelumnya.

Tips ketika sudah sampai dibandara

 1. Cari loket penjualan tiket 

Bagi Anda yang belum mempunyai tiket pesawat, ketika sampai di bandara langsung lah mencari loket penjualan tiket pesawat terbang. Jangan sampai salah membeli tiket nonton film atau tiket konser, Kalau hal itu terjadi, coba tanyakan pada diri Anda sekarang berada dimana :D. Cara mencarinya cukup mudah karena biasanya ada petunjuk arah dimana loket tersebut berada.

2. Masuk Pintu keberangkatan

Setelah mendapat tiket langsung cari gerbang keberangkatan pesawat. Nanti disana ada sebuah jalur yang dijaga oleh security, tunjukan tiket yang tadi sudah dibeli atau sudah dibeli jauh jauh hari.

3. Cari loket maskapai

Setelah melewati gerbang atau pintu keberangkatan, segera cari loket maskapai penerbangan sesuai dengan tiket yang dibeli. Jika Anda membeli tiket dari lion segera cari loket maskapai penerbangan lion. Biasanya ada tanda yang familiar dengan maskapai yang kita pakai. untuk mempercepat bisa menanyakan kepada security yang berada disekitar situ.

4. Check in dan Bagasi

Setelah menemukan loket maskapai penerbangan segera check in untuk keberangkatan. Pada saat check in barang barang anda akan ditandai dan akan dibawa ke bagasi pesawat. Tenang saja, barang Anda tidak akan hilang karena Anda bisa mengambilnya kembali setelah sampai ditempat tujuan. Anda akan diberi semacam tiket yang bertanda (boarding pass) di ruang mana harus menunggu pesawat.

5. Bayar airport Tax

Kita harus berjalan menuju tempat tunggu dan sebelum masuk ke tempat tersebut , kita akan dihadapkan dengan petugas P3B. Mereka bertugas untuk menagih pajak bandara. Tunjukan boarding pass Anda ketika petugas menagih pajaknya. Besar pajak setiap bandara berbeda beda.

6. Ruang tunggu

Tunggu dengan manis pesawat yang akan kita naiki. Pastikan Anda tahu kode penerbangan pesawat nya. Nanti setelah waktunya tiba akan diarahkan melalui speaker yang ada di ruang tunggu tersebut.

7. Keberangkatan  

Setelah ada suara merdu dari speaker pengumuman yang ada di ruang tunggu yang mengatakan bahwa penerbangan Anda sudah siap, Segera cari gerbang yang sesuai dengan tiket atau boarding pass tadi. Mohon disini lebih teliti karena kalau salah jalan bisa berabe urusannya. Yang naik pesawat tersebut bukan hanya Anda, tanyakan kepada orang yang ikut berjalan ketika pengumuman tadi disebutkan. Apakah orang tersebut menggunakan penerbangan yang sama atau tidak. Jika sama tinggal ikut, Tetapi kalau tidak jangan ikut meskipun orang tersebut cantik menggoda 😀

Setelah masuk ke pesawat cari tempat duduk sesuai yang ada di tiket Anda. Jangan memaksakan duduk di dekat cewek cantik karena kemungkinan tempat duduk tersebut sudah ada yang pesan. Berdoalah sebelum pesawat mulai bergerak. Pada saat lepas landas, Anda akan merasa seperti ditarik kebawah seperti yang dirasakan ketika menaiki lift dengan kecepatan yang lebih tinggi dan tidak stabil. Semoga Anda selamat sampai tujuan.

Tips Persiapan Pertama kali naik pesawat terbang

BACA JUGA :

Kasih masukanmu di sini