Brainstorming rules untuk mencapai tujuan

Posted on

Brainstorming rules untuk mencapai tujuan. Brainstorming adalah sebuah alat bantu yang digunakan untuk mengeluarkan ide dari setiap anggota tim yang dilakukan secara terstruktur dan sistematis. Kesuksesan Brainstorming dapat dilihat dari suasana bebas tanpa kritik untuk menggali ide kreatif atau solusi alternatif tanpa batas. brainstorming banyak sekali manfaatnya diantara adalah terciptanya gagasan gagasan baru tentang apa yang didiskusikan.

Untuk berjalan dengan baik, brainstorming harus memiliki aturan agar tujuan dari brainstorming bisa tercapai dengan baik. berikut adalah rules atau aturan yang harus dijaga oleh semua elemen yang berpartisipasi dalam brainstorming tersebut.

Brainstorming rules untuk mencapai tujuan

1. Cari Quantitas Ide, bukan kualitas

Brainstorming bukanlah meeting biasanya yang identik dengan mencari solusi dari satu arah atau hanya sekedar mencari kesalahan dan brainstorming juga bukan merupakan ajang debat. sehingga, Ide – ide yang muncul dari peserta brainstorming bukanlah sesuatu hal yang perlu dipertentangkan. biarkan masing masing peserta mengeluarkan idenya masing masing asalkan tidak terlalu jauh dengan tema yang diambil dalam brainstorming tersebut. kumpulkan ide sebanyak banyaknya tanpa menilai bahwa ide tersebut bagus/ baik atau tidak.

2. Jangan mengkritik Ide ( left brain judgement )

Jangan sekali kali mengkritik Ide yang muncul dari peserta brainstorming. kritik kita mungkin saja akan menghapus ide tersebut dan perlu diketahui kritik biasanya muncul dari otak kiri yang merupakan otak penganalisis. sedangkan sebagus apapun sebuah ide jika hanya di analisis saja maka ide itu hanyalah omong kosong belaka. kita tidak tahu apa yang akan terjadi jika sebuah ide direalisasikan.

3. Biarkan Ide Gila Muncul

Ide gila adalah ide yang tidak terbayang sebelumnya. hanya orang yang mengeluarkan ide tersebut yang mengetahuinya atau semua orang mengetahuinya tetapi resiko atau faktor pendukungnya tidak terbayang bisa memungkinkan. kumpulkan ide-ide gila ini , seperti yang disebutkan diatas jangan mengkritik dan kumpulkan saja ide idenya.

4. Keep Rolling Ide ide yang muncul

Ide yang muncul dari seseorang hendaknya terus digali dengan cara memberi pertanyaan lanjutan dari ide tersebut. standarnya kita menggunakan 5W1H selain itu bisa dengan pertanyaan yang berkaitan dengan faktor apa saja yang akan ditemukan dilapangan. gali terus sampai si pembuat ide tidak bisa menjawabnya lagi. jangan sungkan untuk membantu mengembangkan ide dari orang lain.

5. Gabungkan Ide yang ada

Setelah cukup banyak ide terkumpul. lalu dengan persetujuan pembuat ide ide tadi. kita mulai menyusunnya, menggabungkan nya menjadi satu. seperti halnya serpihan fuzzle yang harus kita susun. cari ide ide mana yang cocok untuk dijalankan secara bersamaan atau termasuk dalam step ide utama yang tentunya harus brilian.

6. Persetujuan akhir

Sebenarnya banyak sekali yang menyarankan bahwa brainstorming tidak perlu ada konklusi atau pencapaian akhir. biarkan ide ide yang di dapat tetap hidup karena mungkin saja suatu saat ide itu akan dibutuhkan. tetapi alangkah sayangnya jika tidak ada hasil pada saat itu juga. oleh karena itu perlu diambil satu ide utama yang paling baik bisa juga merupakan gabungan dari beberapa ide yang perlu dijalankan. ide tersbut perlu dijalankan selain untuk mencapai tujuan yaitu sebagai tolak ukur dari kualitas brainstorming yang telah dilaksanakan.

kadang kita merasa pintar,memiliki banyak ide dan merasa tidak perlu adanya campur tangan orang lain. tapi perlu diketahui bahwa semakin banyak kepala yang berpikir maka akan semakin banyak ide yang akan ditemukan. perlu diketahui juga seseorang yang beda pengalaman beda juga sudut pandangnya terhadap suatu masalah oleh sebab itu variasi ide pasti akan muncul. untuk sebuah team, brainstorming ini adalah sesuatu hal yang wajib. bisa seminggu sekali, sebulan sekali atau paling tidak satu tahun sekali. Brainstorming rules untuk mencapai tujuan

Kasih masukanmu di sini