Cara Check in di Bandara sebelum naik pesawat

Posted on
Jamkho produk alami

Cara Check in di Bandara sebelum naik pesawat | Bepergian dengan jarak yang jauh enaknya ya menggunakan pesawat terbang. Keuntungan utama dari menggunakan pesawat terbang adalah waktu yang lebih cepat. Tetapi harus merogoh kocek lebih dalam daripada angkutan lainnya. Untungnya sekarang maskapai penerbangan di indonesia sudah banyak. Jadi kita bisa memilih mana yang paling murah dan aman tentunya.

Bagi kamu yang baru pertama kali naik pesawat pasti agak kebingungan dnegan tahapan tahapan naik pesawat yang harus dilalui. Setelah membeli tiket pesawat atau di beri oleh perusahaanmu, apa yang harus dilakukan selanjutnya ?. Persiapkan semua berkas yang diperlukan etika akan melakukan penerbangan untuk pertama kali seperti KTP dan tiketnya sendiri. Perhatikan gate/ gerbang mana yang akan dilewati. biasanya tertera pada tiket.

Cara Check in di Bandara sebelum naik pesawat

Berikut ini adalah langkah langkah Cara Check in di Bandara sebelum naik pesawat :

1. Persiapkan ID Card ( bisa KTP atau SIM ) dan tiket pesawat (jangan sampai lupa)

2. Masuk ke pintu(gate) keberangkatan yang tepat

Sebelum masuk ke kawasan bandara, kamu harus mengetahui pintu keberangkatan dengan pasti. Biasanya tertera pada tiket yang telah dibeli. Saya saran kan jangan sampai salah pintu karena jarak antara pintu kepintu lumayan jauh. Jika salah kamu harus putar balik mobilmu atau jalan kaki menuju pintu yang benar.

3. Masuk ke ruangan check in

Setelah menemukan pintu masuk keberangkatan, masuk ke ruangan check in. Nanti kamu akan melewati pintu pemeriksaan dengan scanner. Jangan membawa korek api, senjata tajam dan bahan metal mencurigakan lainnya. Handphone juga sebaiknya taruh saja didalam tas agar tidak repot scan satu persatu. Tunjukan Tiket pesawat yang telah dibeli kepada petugas untuk memastikan kamu berada di ruangan dan penerbangan yang tepat. Sedikit catatan, jika ada orang yang menawarkan jasa mengikat tas mu, sebaiknya menolak jika perlu karena itu tidak gratis đŸ™‚

4. Proses check in di counter maskapai

Cari counter maskapai penerbangan yang ada pada tiket. Contohnya lion air, Garuda, Citilink atau air asia. Ketika check in kamu akan diminta tiket dan ID card. Serahkan barang barangmu seperti tas dan koper ke petugas yang nantinya akan ditimbang dan dimasukan ke bagasi pesawat.  kamu bisa ambil barang setelah sampai ditempat tujuan

5. Bayar airport tax (pajak bandara)

Setelah check in kamu akan mendapatkan boarding pass dan diminta untuk menuju ruang tunggu (sesuai gate yang tertera di boarding pass). Didalam perjalanan keruang tunggu kamu harus melewati petugas pajak airpot tax. Bayar lah sesuai aturan pajak yang diberikan. nanti petugas akan menyebutkan berapa nominal yang harus dibayarkan atau bisa juga melihat di boarding pass.

6. Masuk ke pintu Pemberangkatan

Setelah menunggu keberangkatan, nanti akan ada pemberitahuan bahwa penerbangan kamu telah siap. Perhatikan dengan seksama apakah pengumuman yang diberikan sesuai dengan nomor penerbanganmu dan kota tujuan. perhatikan dengan baik pintu mana yang harus dilewati nantinya. jangan terlalu gugup biasanya banyak orang yang akan menuju ke pintu tersebut ketika penerbangannya sudah mau berangkat (kamu naik pesawat tidak sendirian đŸ™‚ ). Jika kamu ragu bisa ditanya kepada orang yang sedang berjalan bersamamu.

7. Masuk ke pesawat

Perhatikan di boarding pass tempat duduk kamu nomor berapa. Jangan sampai salah nomor karena akan memalukan nantinya :). Setelah pengumuman keberangkatan terdengar segera bersiap menuju pintu penerbangan. Biasanya di bandara bandara besar bentuknya seperti lorong lorong yang ujungnya terdapat sang pramugari :). Masuklah dengan santai dan cari tempat dudukmu.

Setelah semuanya selesai tinggal menunggu pesawat lepas landas. Nikmati sensasi penerbangan pertama kali, memang agak menakutkan tetapi kalau sudah terbiasa tidak ada aneh anehnya naik pesawat :). Begitulah tips Cara Check in di Bandara sebelum naik pesawat dari tukang teori.com semoga bermanfaat untuk para pembaca dan semga perjalanannya menyenangkan

Cara Check in di Bandara sebelum naik pesawat

BACA JUGA :

Kasih masukanmu di sini