Cara Membuat Laptop Menjadi Hotspot

Posted on
Jamkho produk alami

Tukangteori.comCara Membuat Laptop Menjadi Hotspot bisa menggunakan tipe jaringan adhoc. Jaringan ini memungkinkan kita untuk sharing koneksi seperti jaringan pada umumnya. Kita bisa membagikan koneksi internet yang kita miliki pada sebuah laptop kepada laptop lain atau smartphone. yang menjadi keunggulan dari koneksi seperti ini adalah tidak perlu lagi kabel LAN sebagai penghubung.

Rata tata laptop sekarang sudah memiliki fasilitas Wifi tersendiri jadi ketika ada Hotspot kita bisa mengkoneksikannya langsung. Jaringan bertipe adhoc ini paling mudah digunakan dan settingannya pun tidak begitu rumit. Jaringan Ad-hoc adalah salah satu jenis dari Wireless Local Area Network (WLAN) yang terdiri dari sekumpulan node-node yang berkomunikasi satu sama lain secara langsung tanpa melibatkan node perantara seperti access point. Setiap node pada jaringan ad-hoc memiliki interface wireless. Node-node dalam jaringan ad hoc bersifat dinamis dan dapat berubah-ubah.
Pada jaringan ad hoc setiap node tidak hanya berfungsi sebagai pengirim dan penerima informasi tetapi juga berfungsi sebagai pendukung jaringan seperti router. Oleh karena itu maka diperlukan sebuah routing protokol yang ditanamkan pada jaringan ad hoc tersebut.

Yang menjadi pertanyaan sekarang adalah bagaimana cara membuat laptop menjadi Hotspot. Langsung saja berikut ini adalah langkah langkahnya :

Cara Membuat Laptop Menjadi Hotspot

1. Pastikan wifi laptop anda sudah menyala

2. klik icon monitor (penanda jaringan) disudut kanan bawah kemudian pilih open network and sharing center

setting hotspot di laptop

3. Pada jendela yang terbuka pilih  “Manage wireless networks” pada menu yang berada di sisi kiri

membuat hotspot

4. Pada jendela yang muncul berikutnya pilih “add” yang ada di sebelah kiri nanti akan muncul jendela untuk memilih jenis jaringan yang akan di tambahkan dalam laptop

5. pilih jaringan adhoc kemudian pilih “next”

Membuat jaringan adhoc

6. Isian yang diperlukan

Network Name : Nama Hotspot yang akan muncul dipilihan jaringan ketika kita mengaktifkan Wifi

Security type : Merupakan tipe keamanan jaringan, jika ingin menggunakan wifi tanpa password bisa memilih no authentication (open), tetapi jika ingin menggunakan password pilih WPA2-Personal

Security Key : Password untuk mengakses hotspot kita nantinya

Jangan lupa klik “next” untuk membuat jaringan nya

7. Cek jaringan yang telah kita buat dengan cara mengklik icon seperti di langkah 2 pastikan nama jaringannya muncul disana

Ketika kita sendiri konek ke jairngan tersebut statusnya akan menjadi “waiting for users”, coba konek kan laptop lain ke jairngan tersebut. Jika jaringan berjalan dengan normal maka kedua laptop yang terkoneksi pada jaringan akan berstatus connecting dan kemudian connected. Jaringan ini akan aktif jika laptop yang disetting konek ke jaringan tersebut.

Semoga tips Cara Membuat Laptop Menjadi Hotspot ini bermanfaat bagi para pembaca. Bantu kami dengan cara like, twit dan G+ artikel ini agar orang lain tahu cara membuat hotspot dengan latop dan kami tetap semangat untuk berkarya.

 

BACA JUGA :

Kasih masukanmu di sini