Cara Membuat Menu Blog WordPress

Posted on
Jamkho produk alami

Cara Membuat menu Blog WordPress lebih mudah jika dibandingkan dengan pembuatan menu di blogspot yang harus menggunakan sedikit koding. wordpress memiliki fasilitas sendiri untuk membuat menu. bagi anada yang baru dalam pembuatan blog wordpress pastinya bingung tapi anda sudah berkunjung ke blog yang tepat karena tukangteori.com akan memberikan tutorial lengkap tentang ini.

Jika dilihat dari posisinya, menu di bagi menjadi 4

1. Menu top navigation

Menu ini berada di posisi paling atas di blog anda untuk navigasi, sitemap dan keperluan lain sejenisnya

2. Menu utama (primary menu)

Menu ini terdapat dibawah header. menu ini bisa digunakan oleh umum berbeda dengan top navigation. menu ini biasa di isi dengan HOME, DOWNLOAD, ABOUT dan lain lain.

3. Menu footer

menu ini bentuknya seperti menu utama tetapi posisinya berada di footer atau dibawah postingan

4. Menu di widget

selain menu vertikal. jika bisa menggunakan menu horizontal dengan cara membuat widget di side bar. biasanya menu yang dipasang disini adalah kategori, postingan baru dan random post

Cara Membuat Menu Blog WordPress

Cara Membuat menu Blog WordPress

Cara Membuat menu Blog WordPress ada 2 cara yaitu dengan fasilitas menu yang ada di interface wordpress dan dengan menggunakan widget. berikut ini adalah langkah langkah pembuatan menu

1. dengan menggunakan fasilitas create menu

– login ke dashboard wordpress

– pilih menu “appearance” kemudian masuk ke “menus”

– klik “create menu” kemudian isi “menu name” dengan nama menu yang anda inginkan

Cara Membuat Menu Blog WordPress

– anda bisa membuat menu dari “pages”, “Links” atau “Category” tinggal pilih kemudian centang kotaknya dan klik “add to menu”

– pada pilihan dibawah anda bisa menentukan posisi dari menu ini, bisa menjadi primary (posisi diatas) atau footer menu (posisi dibawah)

– setelah pengaturan selesai jangan lupa klik “Save Menu”

2. menggunakan widget

– login ke dashboard wordpress

– pilih menu “appearance” kemudian masuk ke “widgets”

– pilih widget yang akan di tampilkan di side bar (category, recent post dan lain lain) kemudian geser widget dari sebelah kiri ke side bar

– jangan lupa klik save di widget yang di pindah tadi

Demikianlah cara membuat menu blog wordpress. sangat mudah dan jangan lupa untuk di praktekan bagi anda yang masih pemula. untuk yang udah jago nyengir aja disudut kamar hehehe. jika artikel ini dirasa bermanfaat jangan lupa untuk like dan share karena mungkin saja teman anda membutuhkan tutorial ini.

 

Cara Membuat menu Blog WordPress

 

BACA JUGA :

Kasih masukanmu di sini