Kamu adalah apa yang kamu lakukan

Posted on

Apakah kamu pernah melihat temenmu update status seperti ini “Terserah kalian mau bilang apa, yang tahu aku adalah diriku sendiri” ? pasti salah satu teman kamu ada yang pernah membuat status seperti itu bukan. Rata rata yang bikin status seperti ini adalah wanita, pris juga sering merasakannya tetapi masih kuat menahan untuk tidak dikeluarkan unek uneknya.

Seseorang membuat status seperti yang dituliskan diatas biasanya setelah dia mendapatkan kritik dari orang lain. Bahkan bisa saja dia mendapatkan olokan dari teman disekitarnya atau bisa saja hanya sekedar mendengar seseorang yang sedang menggosipkan dirinya. Dia tidak menerima apa yang orang lain nilai dari dirinya Karena merasa tidak seperti apa yang mereka katakan. Ini sangat wajar karena setiap orang pasti menilai dirinya adalah seseorang yang baik.

kamu adalah apa yang kamu lakukan

Kamu adalah apa yang kamu lakukan

Jika dipikir dengan keadaan sadar dan nalar yang sehat, tidak mungkin orang lain semata mata menilai kita hanya dengan pikirannya saja. Mereka menilai kita karena melihat apa yang kita lakukan, mendengar apa yang kita ucapkan  dan yang paling utama adalah merasakan apa yang kita perbuat terhadap mereka. Pasti suatu saat teman yang selama ini hidup dilingkungan kita akan menilai seperti diri kita dimata mereka. Penilaian yang dia berikan atas dasar faktor faktor yang telah disebutkan tadi.

Jika merasa tidak enak dengan penilaian seorang teman, coba tanyakan kepada teman yang lainnya apakah yang dikatakan oleh teman yang tadi benar atau tidak. Jika teman yang satu ini mengatakan iya, berarti kemungkinan apa yang dinilai oleh teman teman adalah benar. Ini adalah sebuah fakta yang tidak boleh disangkal lagi. Karena yang merasakannya bukan hanya satu tetapi 2 atau lebih bakhkan mungkin semua teman kita memberikan penilaian yang sama.

Mendapatkan penilaian bagus dari teman teman adalah sesuatu yang bahagia. Lain halnya dengan penilaian yang negatif. Kadang kita tidak bisa menerimanya karena didalam pikiran apa yang mereka sebutkan tidak sesuai dengan sebenarnya kita. Disini kita harus benar benar cermat mana yang hanya lamunan atau mana yang benar benar fakta. Penilaian dari teman teman biasanya lebih real dibandingkan dengan tanggapan diri sendiri yang berasal dari angan angan saja. Kita bisa saja menganggap bahwa kita adalah orang baik, berbeda dengan apa yang orang lain katakan. Tetapi nyatanya dalam keseharian kita melakukan hal hal yang negatif.

Sebenarnya kritik adalah sesuatu hal yang bagus. Kritik diperlukan oleh setiap orang agar tahu apa yang mereka lakukan benar atau tidak. Juga dapat menambah semangat untuk menjadi yang lebih baik lagi. Coba lihat di acara acara pencari bakat, Setelah peserta bernyanyi, mereka akan di kritik oleh para juri atau pengarahnya dan apa yang di ucapkan oleh mereka setelah di kritik ? yap benar, ucapan terima kasih. Seharusnya dalam kehidupan sehari hari juga kita harus berterima kasih kepada orang orang yang mau berbicara tentang kita meskipun sedikit. Disitu kita bisa tahu kekurang apa saja yang mesti ditingkatkan.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk para pembaca. Bukan bermaksud menjadi pengajar tetapi hanya sekedar berbagi apa yang sedang ada di pikiran ini. Bagikan jika tulisan yang singkat ini berguna bagi pembaca dan teman teman.

Kamu adalah apa yang kamu lakukan

BACA JUGA :

Kasih masukanmu di sini