Pentingnya Gambaran Masa Depan Bagi Anak

Posted on

Pentingnya Gambaran Masa Depan Bagi Anak. Masa depan adalah sesuatu yang pasti akan dihadapi oleh setiap orang baik itu oleh orang dewasa maupun anak-anak. kebanyakan orang dewasa sekarang ini kebingunan dengan apa yang harus mereka lakukan sekarang dan selanjutnya. salah satu penyebab kebingungan tersebut adalah tidak adanya gambaran masa depan ketika mereka kecil atau pada masa kanak kanak.

Orang dewasa banyak menemukan bahwa cita citanya sewaktu kecil tidak semudah yang disebutkan bahkan tidak sedikit yang merasa salah jalan. jangan aneh jika anda sendiri pernah mengatakan “wah, kayaknya saya salah jurusan kuliah” hehehe.

Pentingnya Gambaran Masa Depan Bagi Anak

Pada dasarnya seseorang akan lebih mudah menjalani hidup jika dia memiliki target, kenapa begitu ? karena dia tahu harus berjalan kemana dan ketika dia mencapai targetnya bolehlah dia disebut orang yang sukses karena sudah mencapai target. jika tidak ada target, bisa di sebut sukses seperti apa ? apanya yang sukses ? apakah orang kaya bisa disebut sukses ? kaya tidak selamanya menggambarkan orang sukses apalagi kaya dadakan gara gara warisan hehehe. jika anda pernah berkata “saya merasa sukses jika sudah membahagiakan orang tua” ketika orang tua anda bahagia melihat anda punya kerjaan yang layak meskipun gajinya mengap mengap, ya anda bisa di bilang sukses membahagiakan orang tua Anda hehehe.

Bagi Anda yang sekarang dikaruniai seorang anak atau mempunyai adik yang masih kecil, mulai lah membangun pemahaman anak tentang apa yang akan dihadapinya nanti. Masa SMP adalah masa perubahan pertama kali yang paling dirasakan oleh anak-anak, dari masa ini lah sebaiknya para orang tua mulai menanyakan cita cita nya atau sudah besar ingin jadi apa. setelah menerima jawaban dari sang anak, mulai lah mencari informasi tentang cita citanya itu. ada beberapa hal yang harus diperhatikan tentang cita citanya

1. Apakah cita citanya adalah sesuatu yang baik

2. Pengaruh terhadap tradisi keluarga

3. Kemampuan Anak

4. Ongkos penunjang cita cita

Setelah mengetahui seluruh informasi yang menunjang untuk cita citanya di masa depan, saatnya memberi gambaran apa yang harus dia lakukan untuk mengejar cita citanya nanti, suasana, lingkungan dan hal hal lainnya yang mungkin akan dihadapi. diusahakan jangan memberikan trauma pada saat penyampaian. pilih kata kata penyemangat yang akan membuat sang anak yakin bisa menghadapi rintangan untuk mencapai cita citanya. jangan sekali pun meragukan anak ketika dari awal anda yakin bahwa anak tersebut mampu menggapai cita citanya.

Hal positif yang akan terjadi jika kita memberi gambaran tentang cita cita anak adalah anak menjadi memiliki target yang harus dia capai. jika dia terus memiliki pikiran positif tentang pencapaian targetnya ini, maka dia tidak akan mudah putus asa dan pastinya tidak akan menghiraukan hal hal negatif yang ada disekelilingnya. dia tidak akan menghabiskan waktunya untuk bermain game (jika cita citanya bukan game atau game creator), tidak larak lirik lawan jenis karena dia tahu mana yang lebih penting yang harus dicapai dan terhindar dari narkoba. jujur saya senang sekali dengan perusahaan yang memberikan syarat kesehatan termasuk pelarangan pegawai baru mantan pemakai narkoba. dengan itu si anak akan berpikir sebaiknya menjauhi narkoba untuk menjadi apa yang dia inginkan.

Anak adalah salah satu hal yang paling berharga dalam hidup. Jaga, rawat dan bentuk lah dengan baik. jangan biarkan orang lain yang membentuknya. jika anda ingin bicara tentang kebebasan berpikir anak. bebaskan dia berpikir ketika waktunya tiba ketika dia sedikitnya mengerti apa yang terjadi dikehidupan ini.

semoga artikelnya yang berjudul Pentingnya Gambaran Masa Depan Bagi Anak ini bermanfaat untuk anda. Jangan lupa share pada orang lain jika artikel ini berguna.

 

 

Pentingnya Gambaran Masa Depan Bagi Anak

 

Kasih masukanmu di sini