Cara Mengajarkan Kesopanan Pada Anak Anak

Posted on
Jamkho produk alami

Cara Mengajarkan Kesopanan Pada Anak Anak – Sopan santun merupakan suatu hal yang harus diajarkan kepada Anak anak. Karena Kesopanan dan tingkah laku yang santun merupakan suatu hal yang sangat penting dalam hal bersosial dengan sesama manusia. Definisi singkat dari Sopan adalah menghormati orang lain, Sedangkan santun adalah perlakuan yang wajar, luwes dan baik kepada orang lain. Hal ini berpengaruh terhadap pergaulan sehari hari.

Kanak kanak adalah masa dimana manusia menyerap ilmu sebanyak banyaknya. Terutama ilmu yang ada disekitarnya baik yang mereka lihat, dengar atau pun yang mereka rasakan. Nilai nilai kesopanan harus ditanamkan mulai dari kecil agar anak anak tumbuh menjadi seseorang yang berguna dan memiliki sopan santu yang baik.

Pertanyaanya adalah bagaimana sebagai orang tua, Mengajarkan anaknya tentang kesopanan dan Tingkah laku yang baik. Tukangteori.com mempunyai beberapa hal yang bisa  dilakukan untuk mengajarkan kesopanan pada anak anak.

mengajarkan kesopanan kepada anak anak

Sumber gambar

1. Memberitahu mana yang baik dan buruk untuk dilakukan

Agar anak anak bisa berprilaku sopan, mereka harus tahu terlebih dahulu mana yang termasuk sikap sopan dan mana yang tidak sopan. Memberitahu mana yang baik dan mana yang baruk kepada anak susah susah gampang. Karena apa yang kita ajarkan kepada mereka bisa hancur begitu saja ketika mereka melihat contoh yang salah. Misalkan Anda mengajarkan kepada anak anak untuk tidak mengucapkan kata kata kasar. Tiba tiba di lingkungan kita ada anak lain yang berkata kasar. Si anak akan berpikir orang lain juga berkata kasar ternyata tidak apa apa. Bahkan orang tuanya juga tidak memarahi anak lain tersebut.

Jangan pernah berputus asa, terus menerus beritahukan mana yang baik dan mana yang bururk untuk dilakukan. Minimal anak tahu bahwa orang tuanya melarang dia untuk berbuat tidak sopan dan menyuruh dia untuk berbuat sopan.

2. Contoh kan hal hal yang baik dan sopan

Anak anak banyak belajar ada apa yang dia lihat dibandingkan dengan apa yang mereka baca dan dengar. Mencontohkan anak untuk berlaku sopan adalah cara mengajarkan kesponan yang paling baik. Setelah dia tahu mana yang sopan dan mana yang tidak, kita mencontohkannya di kehidupan nyata. Anak anak masih bersih, mereka akan mengikuti apa yang mereka lihat. Jangan sampai suatu saat ketika kita mengingatkan anak untuk berlaku sopan , mereka membalikannya dengan ” ayah / ibu juga melakukan hal itu (tidak belaku sopan)”.

3. Hindarkan anak anak dari lingkungan yang buruk

Pada saat memilih tempat tinggal, Pastikan kita memilih tempat yang memiliki lingkungan sosial yang baik. Salah satu aspek yang perlu diperhatikan adalah perilaku dari masyarakat yang ada disekitarnya. Memiliki lingkungan yang baik dan menjunjung tinggi kesopanan adalah suatu keharusan jika ingin mendidik anak untuk berlaku sopan. Lingkungan yang buruk akan berimbas pada prilaku anak anak. Apa yang mereka lihat setiap harinya lambat laun akan mereka serap dan tidak menutup kemungkinan mereka berlaku sama.

Jika terpaksa tinggal di tempat dengan lingkungan buruk karena alasan ekonomi dan lainnya, Anda harus ekstra keras mendidik kesopanan pada anak anak. Keras disini bukan berarti dengan kekerasan melainkan usaha terus menerus sampai si anak tahu apa yang mereka lakukan. Selain lingkunagn tempat tinggal, lingkungan sekolah anak pun harus diperhatikan

3 poin ini cukup mewakili Cara Mengajarkan Kesopanan Pada Anak Anak. Dengan memperhatikan ketiga poin diatas kita bisa mendidik anak untuk selalu berlaku sopan kepada orang lain. Jika artikel ini bermanfaat, bantu kami dengan share, Like, Twit dan G+ agar orang lain juga tahu informasi yang ada di dalamnya 🙂

BACA JUGA :

Kasih masukanmu di sini