Fenomena Skill Tinggi Tetapi Kesopanan Rendah dalam Dunia Kerja

Posted on
Jamkho produk alami

Kualitas pendidikan di Indonesia semakin hari semakin berkembang. Terlihat dari begitu banyaknya lulusan perguruan tinggi. Selain banyak, kemampuan lulusan dari perguruan tinggi semakin tinggi. Kemampuan lulusannya semakin bagus dan memiliki skill yang lebih banyak. Tetapi sayang sekali ilmu dan kemapuan yang semakin tinggi ini tidak dibarengi oleh tingkat kesopanan dan tata krama yang baik.

Hal ini semakin terasa ketika lulusan terbaru memasuki dunia kerja. Rata rata dari mereka memiliki kemampuan adaptasi lebih tinggi dibandingkan dengan pegawai yang lebih lama. Mereka lebih percaya diri dibandingkan dengan senior seniornya. Selain itu, orientasi mereka tidak seluruhnya pada “mencari uang” tetapi konsen juga dnegan pengembangan diri dan belajar. Karena kemampuannya yang lebih tinggi dari yang lainnya, pegawai baru ini biasanya memperlihatkan sikap yang kurang sopan dan terkesan merendahkan orang lain.

fenomena skill tinggi dunia kerja

Rendahnya kualitas kesopanan dan tata krama antara insan perusahaan akan menjadi pengganggu yang serius di tempat kerja. Ketidaksopanan di tempat kerja berdampak buruk dan berpotensi menciptakan organisasi dengan stres tinggi. Perilaku kasar di tempat kerja, komentar  kasar, mempermalukan di depan umum, intimidasi, berteriak pada satu sama lain, fitnah, bullying, diskriminasi, pelecehan, dendam, benci, serta sikap dan perilaku tidak sopan yang lainnya; pasti akan meningkatkan kecemasan, ketakutan, depresi, stres, absensi, dismotivasi, penurunan kualitas kerja, penurunan kepuasan kerja, penurunan omset bisnis, dan hilangnya kemampuan karyawan untuk memenuhi tujuan kerja mereka. (sumber kutipan)

Sebagian besar dari mereka tidak menyadari bahwa beberapa perlakuan mereka terhadap karyawan senior tidak begitu sopan. Bahkan ada yang sudah ditegur masih saja melakukan hal yang sama. Apalagi ketika mereka naik jabatan, pemikiran mereka sedikit “bergeser”, dimana mereka berpikir bahwa perlakuan kurang sopan yang dilakukan selama ini adalah hal yang wajar.

Ini jelas salah dari pandangan sosial, selain menurunkan kualitas diri sebagai insan sosial juga bisa membahayakan diri sendiri. Tidak semua teman kerja adalah orang baik, ada saja orang yang bisa bertindak jahat kepada kita. Menyakiti hati mereka berarti menambah resiko untuk mendapatkan perlakuan tidak baik dari orang lain.

Sebagai pegawai baru yang pintar, baiknya kita benar benar mempelajari pekerjaan dengan baik. Hormati karyawan yang lebih senior. Buatlah hubungan baik dengan orang orang dilingkungan kerja dan bentuk suatu team yang solid. Jika suatu saat kita lebih cepat naik dibandingkan dengan yang lebih lama. Buatlah hati mereka lebih nyaman dengan cara mengobrol sekali kali dan jangan pernah merendahkannya.

Semoga artikel yang singkat ini bermanfaat untuk para pembaca setia Tukangteori.com. Kami harap para pembaca bisa berkaca pada diri apakah termasuk orang orang dalam Fenomena Skill Tinggi Tetapi Kesopanan Rendah dalam Dunia Kerja atau tidak. Bagi yang merasa, mulai lah perbaiki hubungan Anda dengan teman teman kerja. Buatlah mereka nyaman dengan keberadaan Anda. Bantu kami dengan cara share, Twit atau G+ artikel ini 🙂

Kasih masukanmu di sini