Kelebihan dan kekurangan Office Hours dan Shifting

Posted on
Jamkho produk alami

Tukangteori.com – Setiap perusahaan memiliki jadwal kerja yang berbeda beda. Tergantung kebutuhan akan tenaga kerjanya. Biasanya bagi perusahaan yang bergerak dalam bidang produksi dan public services menganut kuat paham “waktu adalah uang” sehingga kebanyakan dari perusahaan seperti ini menggunakan jadwal kerja shifting. Sedangkan untuk perkantoran biasanya menggunakan jadwal kerja Office Hour.

Perbedaan yang paling utama antara Office Hours dan Shifting adalah waktu kerja. Dimana Office Hours bekerja dari mulai pukul 8 atau 9 pagi sampai pukul 4 atau 5 sore. Pada hari sabtu dan minggu mereka bisa beristirahat atau refreshing di rumah alias libur. Sedangkan bagi orang yang Shifting mereka masuk kerja tergantung dari shift kerja. Shifting ada 2 tipe ada kerja 2 shift dan 3 shift. Untuk 2 shift dalam satu harinya terdapat 2 shift kerja, Shift 1 mulai dari pukul 8 pagi sampai 4 sore kemudian dilanjut oleh shift 2 dari pukul 4 sore sampai jam 12 malam. Untuk yang 3 Shift hampir sama dengan dengan tipe 2 shift tetapi setelah jam 12 malem dilanjut lagi dengan Shift 3 sampai jam 8 pagi.

kerja office hours dan shifting

Bekerja dengan jadwal Office hours dan Shifting memiliki keuntungan dan kerugian tersendiri. Kadang kadang hal ini membuat orang orang merasakan jadwal seperti orang lain. Misal kan orang yang terbiasa dengan Office Hours ingin mencoba untuk shifting karena keuntungan yang didapatnya begitu menarik. Begitu juga sebaliknya dengan Orang yang shifting. Berikut ini adalah Kelebihan dan kekurangan Office Hours dan Shifting

1. Hari libur

Hari libur bagi orang yang berkerja dengan sistem Office Hours adalah diakhir pekan. Ini merupakan keuntungan tersendiri bagi mereka karena akhir pekan adalah hari yang bagus untuk berlibur dan berkumpul dengan keluarga. Bagi yang bekerja dengan sistem 3 shift hal ini jarang sekali ditemukan karena hari libur mereka tidak tetap, minggu ini bisa hari senin atau hari selasa, minggu depannya bisa hari rabu, mungkin sebulan sekali mereka bisa berlibur diakhir pekan. Tetapi Jangan salah orang yang bekerja dengan 3 shift bisa mengatur liburnya sendiri dengan cara menukar jadwalnya dengan orang lain. Hal utama dari pekerja dengan menggunakan 3 shift adalah “asal ada orang yang kerja dalam shift tersebut” jadi siapa pun orangnya asal masih anggota team, bisa menggantikannya.

2. Kesehatan

Orang yang bekerja dengan sistem Office Hours seharusnya memiliki kesehatan yang lebih baik karena mereka bekerja diwaktu produktif dari pagi sampai sore,. Sedangkan orang yang bekerja Shift beberapa waktu pasti bekerja dimalam hari waktu dimana orang seharusnya tidur. Ini lambat laun pasti mempengaruhi kesehatan karena badan yang harusnya beristirahat, dipakai untuk bekerja.

3. Lembur

Lembur bisa dilakukan oleh orang yang Office Hours dan orang yang bekerja dengan sistem 2 shift. Orang yang bekerja Office hours bisa bekerja lembur setelah waktu kerja biasanya berakhir misalkan jam 4 yang seharusnya pulang, dilanjut sampai jam 8 malam. 4 jam sisanya bisa diklaim sebagai lembur. Sedangkan untuk yang 2 shift bisa lembur ketika mereka bekerja di shift 2 yang biasanya pulang jam 12 bisa dilanjut sampai pagi dam mengklaim jam kelebihan kerjanya. Tapi kabar buruk untuk yang bekerja 3 shift, rata rata perusahaan tidak memberikan lembur bagi mereka, kecuali masuk ketika tanggal merah saja.

4. Tunjangan

Orang yang bekerja dengan sistem 3 shift mendapatkan tambahan tunjangan yaitu tunjangan shift sebesar kurang lebih 30 % dari gaji pokok. Sedangkan untuk yang 2 shift mendapat tunjangan yang lebih rendah yakni 15%. Untuk yang Office Hours tidak ada tunjangan shifting. Hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi orang orang untuk merasakan shifting karena 30% dari Gaji pokok itu tidak sedikit. Tetapi mereka harus mengorbankan kesehatan demi hal itu.

Apapun jadwal kerja kita, harus tetap bersyukur karena diluar sana masih banyak orang yang tidak memiliki pekerjaan seperti kita. Jangan pernah mengeluh dengan apa yang Tuhan takdirkan kepada kita. Jika meresa tidak nyaman dengan keadaan sekarang. Berdoa dan berusahalah agar mendapatkan hal yang lebih baik 🙂

Bantu kami dengan share, Twit atau G+, semoga artikelnya bermanfaat 🙂

BACA JUGA :

Kasih masukanmu di sini