Manfaat Minum Air putih secara teratur untuk kesehatan

Posted on

Tubuh manusia sebagian besar terdiri dari cairan. Oleh sebab itu kebutuhan asupan cairan manusia setiap harinya amat lah besar. Untuk laki laki setiap harinya minimal 3 liter atau setara dengan 8-10 gelas air minum. Sedangkan untuk wanita 6-8 air minum. Kebutuhan asupan ini harus dipenuhi agar cairan dalam tubuh kit tetap stabil. Kekurangan konsumsi air akan menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi yang ditandai dengan rasa haus yang tinggi dan badan menjadi lesu.

Berikut ini tukangteori.com akan berbagi informasi tentang Manfaat Minum Air putih secara teratur untuk kesehatan.

minum air putih untuk kesehatan

1. Minum air putih meningkatkan imunitas

Setiap harinya banyak sekali zat zat yang masuk kedalam tubuh kita, entah zat yang bersifat baik atau bersifat buruk yang bisa menyebabkan penyakit. Air yang kita konsumsi akan melarutkan berbagai macam zat yang bisa menjadi ancaman kepada tubuh kita. Oleh sebab itu minum air putih dengan jumlah tertentu sangat baik untuk melindungi tubuh dari zat zat yang merugikan.

2. Minum air putih dapat menjaga kesehatan ginjal

Dengan banyak meminum air, kita dapat mengurangi konsentrasi darah yang harus disaring oleh ginjal. Ini mempermudah ginjal untuk menjalankan tugasnya menyaring darah dan memisahkan zat zat yang sudah tidak diperlukan lagi oleh tubuh. Kekurangan air minum akan menyebabkan batu ginjal karena konsentrasi darah semakin tinggi dan membentuk gumpalan keras.

3. Air Minum dapat menetralkan tingkat keasaman dalam tubuh

Derajat keasaman tubuh (pH) tubuh harus senantiasa dipertahankan dalam keadaan netral dengan cara membuang bahan sisa metabolisma yang dapat mempengaruhi netralitas keasaman cairan tubuh. Minum cukup air putih setiap hari akan membantu memperlancar pembuangan zat-zat yang dapat mempengaruhi keasaman cairan tubuh tersebut.

4. Menjaga fungsi otot dan sendi dengan minum air putih

Dehidrasi bukan hanya menyebabkan kita menjadi kehausan, tetapi berpengaruh juga terhadap kondisi tubuh bagian dalam kita. salah satunya adalah otot dan sendi yang tiap hari kita gunakan untuk beraktifitas. Otot dan sendi harus mendapatkan hidrasi yang cukup setiap hari untuk berfungsi secara optimal. Minum cukup air putih setiap hari membantu menghidrasi otot dan sendi sehingga mengurangi resiko nyeri otot dan nyeri sendi.

5. Minum air putih dapat membantu dalam program penurunan berat badan

Meningkatkan asupan air putih dapat membantu mengurangi asupan kalori bagi orang yang ingin menurunkan berat badan. Minum air putih sebelum makan akan membantu anda merasa kenyang lebih cepat. Banyak minum air putih juga membuat anda merasa kenyang lebih lama sehingga mengurangi keinginan untuk ngemil. Air putih tidak mengandung kalori sehingga sangat cocok dikonsumsi menggantikan minuman bergula yang tinggi kalori.

Setelah mengetahui informasi tentang Manfaat Minum Air putih secara teratur untuk kesehatan ini jangan lupa untuk senantiasa meningkatkan konsumsi air bagi Anda yang masih merasa belum memenuhi standar. Dan bagi Anda yang sudah memenuhi standar konsumsi air setiap harinya, terus jaga kesehatan tubuh dengan mempertahankan kebiasaan tersebut. Bantu kami menyebarkan informasi yang bermanfaat ini dengan cara like, Twit atau G+ 🙂

 

BACA JUGA :

Kasih masukanmu di sini