Mengganti karakter atau kata Tertentu dengan Menggunakan Fungsi SUBSTITUTE

Posted on

Tukangteori.com – Dalam Microsoft Excel ada sebuah fungsi yang bisa mengganti karakter atau sebuah kata. Jika suatu saat kita ingin menggantikan sebuah kata contohnya nama seseorang yang berada dalam beberapa cell, Menggantinya satu persatu merupakan pekerjaan yang sangat menyita waktu.

Oleh karena itu, Kita membuatuhkan sebuah fungsi untuk bisa menggantikan sebuah karakter atau sebuah kata sekalipun. Jadi tinggal memasukan fungsi kemudian copy fungsi tersebut sebanyak cell yang datanya akan dirubah. Format dari Fungsi Substitute ini adalah sebagai berikut :

=SUBSTITUTE(teks, teks_lama, teks_baru, instance number)

Penjelasan untuk sintaks ini adalah:
• Teks, mengacu pada rangkaian teks atau alamat sel dari teks yang akan diganti dengan teks yang baru
• Teks_lama, mengacu pada rangkaian teks atau kata ataupun huruf yang akan diganti
• Teks_baru, mengacu pada rangkaian teks atau kata ataupun huruf yang akan dipergunakan sebagai teks pengganti
• Instance number, mengacu pada kata keberapa sebuah teks yang ingin diganti. Jika hal ini tidak ditentukan, maka setiap kali teks lama muncul maka akan digantikan dengan teks baru. (sumber)

Contoh Penggunaan Fungsi Substitute :

Contoh penggunaan fungsi Substitute

Gambar contoh penggunan Fungsi SUBSTITUTE pada Karakter huruf “A”

Penjelasan :

Pada gambar diatas terlihat tabel yang berisi contoh penggunaan Fungsi SUBSTITUTE. Penulisannya seperti tertera pada kolom B. Pada Contoh satu Huruf A yang ada di cell A2 ingin dirubah menjadi Huruf B. Oleh karena itu dimasukan fungsi seperti yang tertulis di B2. Kemudian Fungsi dimasukan ke cell C2 dan hasilnya terlihat Huruf A menjadi B.

Pada Contoh yang kedua tidak jauh beda hanya ingin memastikan huruf yang lain tidak berubah ketika di masukan fungsi SUBSTITUTE ini. jika kita melihat contoh satu dan dua, Fungsi ini case sensitive atau dengan kata lain memandang huruf besar dan huruf kecil.

Nah,  untuk contoh yang ketiga berbeda dengan dua contoh sebelumnya. Di penulisan fungsi ini dimasukan “instance Number” nya. Ketika kita memasukan angka 2 maka huruf yang akan diganti adalah huruf “A” yang kedua dari kiri. Ini berlaku juga untuk sebuah kata. Misalkan kata “saya”, didalam sebuah cell kata “saya” ini muncul 3 kali. kita bisa mengganti kata ini yang ke 3 dengan memasukan 3 sebagai instance number nya.

Sekian penjelasan Mengganti karakter atau kata Tertentu dengan Menggunakan Fungsi SUBSTITUTE. Semoga bermanfaat. Jika ada pertanyaa silahkan komentar di kolom yang telah disediakan 🙂

BACA JUGA :

Kasih masukanmu di sini