Modus Penipuan SMS minta Transfer Uang

Posted on
Jamkho produk alami

Perkembangan teknologi sangat meningkat terutama di bidang telekomunikasi. Alat komunikasi seakan menjadi kebutuhan pokok. Telepon, SMS, chat, sosial media dan lain lain kini menjadi kegiatan sehari hari. Dengan menggunakan telekomunikasi kita tidak perlu lagi menghabiskan waktu untuk berkomunikasi dengan orang lain. Tetapi perlu diketahui, tidak selamanya komunikasi dimanfaatkan untuk hal yang baik.

Banyak sekali kejahatan yang terjadi akibat penyalah gunakan telekomunikasi. Selain menggunakan fasilitas telepon, kejahatan juga merambah ke fasilitas SMS. Beberapa waktu lalu saya sering menerima SMS  yang berbau penipuan. Berbeda dengan SMS yang berisi tentang dapat hadiah. Ini lebih ke menguji tingkat konsentrasi seseorang.

penipuan menggunakan SMS

Isi SMS nya adalah seseorang meminta korban untuk mentransfer uang ke nomor rekening tertentu atau bisa juga diminta untuk menelpon seseorang untuk konfirmasi pembayaran. berikut ini adalah contoh kalimat dalam SMS yang digunakan untuk penipuan.

“Untuk pembayarannya, Anda bisa transfer ke nomor Rekening 1421432412 Bank Mandiri atas nama Udin ganteng. Mohon segera ditransfer secepatnya sebelum tanggal 29 Februari”

Mungkin bagi mereka yang sadar pasti akan berpikir aneh sekali orang tiba tiba meminta untuk transfer padahal tidak sedang beli apa apa. Berbeda lagi jika orangnya tidak konsentrasi mungkin karena sterlalu sibuk atau stress. Apalagi kebetulan sedang melakukan proses pembelian online. Dengan polosnya mereka mentransfer uang kepada orang yang memiliki rekening tersebut.

Atau bisa juga isi SMS menyuruh kita menelepon seseorang. Setelah kita menelpon orang tersebut, kita akan disugesti agar melakukan apa yang mereka inginkan. Jangan pernah penasaran dengan hal ini, karena kita tidak tahu sebera besar kemampuan kita untuk menahan sugesti tersebut.

Saya beberapa hari kemarin menerima SMS dari 2 nomor yang berbeda, Isi nya menyuruh saya untuk menghubungi seseorang untuk konfirmasi pembayaran. Dalam SMS tersebut tidak menyebutkan pembayaran untuk apa. Berikut kalimat yang ada di SMS tersebut :

“Penyetoran Angsurannya kalau mau dibayar harap telepon dulu atasan saya, Bpk AGUS SETIAWAN no 085720623757. soalnya ada perubahan nomor kontrak. Terima kasih”

Pada saat menerima SMS ini saya berpikir, nih orang kesurupan atau salah nomor ? karena nomornya asing saya biarkan saja. Setelah beberapa lama ternyata ada lagi SMS yang isinya persis sama dengan yang diatas dengan nomor pengirim yang berbeda. Sudah jelas ini merupakan sebuah modus kejahatan menggunakan SMS.

Bagi para pembaca sebaiknya meningkatkan kewaspadaan. Sebisa mungkin tetap konsentrasi jangan sampai stress yang sedang melanda dimanfaatin oleh para penjahat. Semoga kita dilindungi dari penipu penipu ini. Bantu kami untuk membagikan artikel ini agar teman dan keluarga tercinta terhindar dari modus ini dengan cara share, like, twit atau G+, Terima Kasih.

Informasi Modus Penipuan SMS minta Transfer Uang

BACA JUGA :

Kasih masukanmu di sini