Motivasi Diri untuk Menabung

Posted on

Tukangteori.com – Waktu belajar di sekolah dasar, kita familiar sekali dengan kata menabung. Para guru sering kali mengingatkan untuk belajar menabung dari kecil agar terbiasa dengan menabung. Menabung sendiri penjelasannya sangat mudah yaitu mengumpulkan uang sedikit demi sedikit atau banyak untuk keperluan terduga dan tidak terduga. Namanya kehidupan mungkin saja tidak selalu berjalan mulus, bisa saja kita membutuhkan tabungan kita suatu saat.

Ternyata setelah dewasa, masih banyak orang yang tidak terbiasa untuk menabung. Ketika ada uang, di belanjakan untuk kebutuhan, tidak menutup kemungkinan dibelikan untuk hal yang tidak jelas. Harus ada motivasi dari diri sendiri untuk menabung. Tukangteori.com akan memberikan Tips bagaimana Motivasi Diri untuk Menabung.

Motivasi diri untuk menabung

1. Membuat rencana atau tujuan

Setiap orang pasti mempunyai hobby dan keinginan. Keinginan tersebut kadang harus mengorbankan banyak biaya. Nah, untuk memotivasi diri agar mau menabung salah satunya adalah mempunyai rencana ini. Misalkan kita punya rencana untuk jalan jalan keluar Negeri. Cari informasi biaya yang harus dikeluarkan untuk pergei keluar negeri tersebut, hitung waktu yang dibutuhkan untuk menabung dan mulai lah menabung.

2. Hidup tidak selamanya Indah

Kita tidak tahu apa yang akan terjadi pada kita dan keluarga. Bisa saja suatu waktu kita atau salah satu anggota keluarga kita jatuh sakit. Pasti membutuhkan pengeluaran banyak untuk periksa atau pengobatan kerumah sakit. Jika tidak ada tabungan atau mungkin asuransi, darimana kita bisa membayar biaya tersebut. Maka dari itu mulai sekarang kita harus menabung, sehingg ketika suatu hal buruk terjadi kita sudah siap untuk menghadapinya.

3. Persiapan jangka panjang

Bagi Anda yang masih gadis atau bujangan, sudah saatnya mulai menabung. Banyak hal yang harus disiapkan untuk menghadapi kehidupan selanjutnya. Apalagi orang yang sudah siap untuk menikah dan membangun keluarga. Menabung adalah suatu hal yang wajib dilakukan. Biaya nikah sekarang tidak murah, membutuhkan banyak biaya untuk resepsinya. Bagi yang mau nikah tanpa resepsi pasti bakalan murah sekali 🙂

4. Beribadah

Ada beberapa jenis ibadah yang membutuhkan biaya. Yang paling utama adalah sedekah. Bagi yang beragama Islam, beribadah yang menggunakan biaya lumayan banyak. Selain sedekah, ada juga Zakat, Infaq, Wakaf, Nikah, Naik Haji dan lain lain. Semuanya membutuhkan biaya yang berbeda mulai dari yang ringan sampai yang paling berat yaitu Naik Haji. Dengan mengumpukan sedikit demi sedikit Insya Allah, Jika Allah SWT sudah memanggil kita akan diberangkatkan kesana.

Mungkin 4 poin diatas sudah cukup untuk memotivasi kita untuk segera menabung muali dari sekarang. Selain menabung uang di bank, kita juga bisa menginvestasikan uang tersebut ke dalam bentuk emas atau sebidang tanah. Itu lebih menuntungkan darena harga emas dan tanah akan selalu naik setiap tahunnya.

Terima kasih sudah membaca informasi Motivasi Diri untuk Menabung ini. Bantu kami dengan Like, Twit atau G+

Kasih masukanmu di sini