Pembulatan angka dengan menggunakan Fungsi INT microsoft Excel

Posted on

Sepertinya sudah lama Tukangteori.com tidak menulis artikel tutorial microsoft Excel. Kali ini kita akan membahas tentang pembulatan angka di microsoft excel. Pembualan angka adalah sebuah proses mencari angka tanpa koma yang mendekati angka sebenarnya. Pembulatan biasanya ditarik ke atas atau ditarik kebawah.

Contok pembulatan keatas adalah jika ada angka yang dibelakang koma sama dengan atau lebih dari 5 maka nilainya akan ditambah dengan satu. misalkan angka 4,5 atau 4,6 akan dibulatkan menjadi 5. Sedangkan pembulatan kebawah jika angka dibelakang koma kurang dari 5. misalkan 4,3 atau 4,4 akan dibulatkan menjadi 4.

Di microsoft Excel ada salah satu fungsi yang berfungsi untuk membulatkan nilai, nama fungsinya adalah INT. Fungsi ini sangat bermanfaat untuk mengubah tampilan nilai yang ada pada cell menjadi nilai bulat kebawah ingat ya hanya pembulatan kebawah. penggunaanya pun sangat gampang, berikut cara menggunakan Fungsi INT :

1. Masukan beberapa angka Desimal pada cell

2. Pilih cell mana saja untuk menempatkan formula fungsi

3. Tulis kan Fungsi dengan format =INT(cell yang nilainya akan dibulatkan)

berikut ini contoh gambar penggunaaanya :

pembulatan kebawah dengan fungsi int

Pada Adrress bar terlihat formula yang harus digunakan pada cell B1. angka yang dihasilkan adalah 4 hasil pembulatan dari 4,3. penggunaannya sangat mudah hanya seperti ini saja. rumus ini biasanya digunakan untuk menstandarkan suatu ukuran atau nilai dalam sebuah group.

Semoga tutorial singkat tentang penggunaan fungsi INT ini bermanfaat bagi para pembaca. Bantu kami dengan twit, like atau G+, Terima Kasih

 

Kasih masukanmu di sini