Pengenalan Microsoft Excel

Posted on
Jamkho produk alami

Pengenalan Microsoft Excel | Microsoft Excel merupakan salah satu aplikasi yang powerfull yang ada pada paket microsoft office. Tampilan dari program Microsoft  Excel ini berupa lembar kerja tetapi dalam bentuk elektronik digital (spreadsheet). Banyak Manfaat yang akan anda dapat dengan menggunakan aplikasi ini diantaranya adalah memproyeksikan, menghitung, menganalisa data dan mampu mempresentasikan data dalam bentuk yang lebih menarik.
Aplikasi ini merupakan aplikasi yang banyak digunakan di perusahaan perkantoran selain microsoft word. Dengan Ms. Excel kita bisa membuat table, membuat charts dan mengatur data dengan mudah. Selain itu kita dapat menggunakan formula formula yang ada untuk memudahkan pekerjaan kita.
Orang yang memiliki skill Microsoft Excel kebanyakan lebih sering dihargai oleh atasannya. Bayangkan dengan menggunakan aplikasi office saja kita bisa membuat tools yang powerfull, bahkan bagi mereka yang super expert bisa dengan satu klik saja laporan langsung jadi atau hanya dengan memasukan data mentah ke table tertentu, laporan anda sudah siap untuk dipresentasikan ke atasan anda.
Sebelum semakin jauh membayangkan bagaimana bahagianya atasan anda dengan apa yang anda bisa lakukan dengan menjadi expert dalam menggunakan aplikasi ini, Mari kita mulai dengan hal hal yang kecil.
Hal pertama yang harus anda lakukan adalah tentu saja menginstall Aplikasi tersebut. Dalam postingan ini tidak akan dijelaskan bagaimana menginstall Ms. Excel karena biasanya pada laptop atau komputer sekarang ini sudah terdapat Ms. Excel entah itu anda yang menginstallnya atau si emang-emang toko komputer yang baik hati pada saat anda pertama kali membeli laptop atau komputer tersebut. Jika memang belum ada, silahkan di Install terlebih dahulu, biasanya langsung bersamaan dengan paket Microsoft Office. Saya sarankan anda menginstall software Asli bukan bajakan.
Setelah aplikasi terinstall dengan baik. Hal yang pertama yang anda lakukan adalah membuka aplikasi tersebut dengan cara :
1.    Klik start
2.    Klik all program
3.    Klik microsoft office
4.    Klik microsoft Excel 2007
Untuk selanjutnya penulisan akan dibuat dengan format tanda panah, contonya star>>All program>>Microsoft Office>>Microsoft Excel 2007
Maka akan terbuka Aplikasi Excel, tampilannya seperti berikut ini :

tampilan awal excel

Gambar. 1 Tampilan Workbook Microsoft Excel

Sebagai catatan, gunakanlah Aplikasi Microsoft Excel versi 2007 Ke atas karena fleksibilitasnya lebih memadai dari pada versi sebelumnya. Sampai saat postingan ini dibuat versi Excel sampai pada versi 2013.
Untuk mempermudah dalam belajar bagaimana menggunakan aplikasi ini, alangkah baiknya anda mengtahui istilah atau nama komponen yang ada pada Ms. Excel.
Satu file MS. Excel di sebut juga workbook. Seperti namanya arti workbook itu sendiri adalah tempat atau buku dimana anda bekerja mengolah data yang anda miliki.
Untuk mempermudah mengetahui istilah atau komponennya mari kita ubah sedikit tampilan gambar sebelumnya

Office Button adalah tombol untuk memunculkan menu window seperti New, Save open dan lain lain di menu tersebut juga ada menu option utama dari aplikasi Ms. Excel Ini, mungkin di postingan yang lain akan Kami bahas. Sebaiknya anda langsung mencoba mengklik tombol tersbut dan melihat apa saja isi dari menu tersebut.

Judul Workbook adalah Nama file yang sedang anda kerjakan. Anda bisa melihatnya di paling atas tampilan aplikasi. Di paling atas kanan juga ada tombol navigasi untuk minimize, restore Down/Up dan Close(untuk menutup lembar kerja atau workbook).

Menu utama atau juga sering di sebut dengan menu ribbon adalah menu yang memunculkan tools yang di gunakan dalam aplikasi ini. Setiap menu memiliki tools bar masing masing. Sebaiknya anda langsung mencoba mengklik beberapa menu yang ada untuk melihat berapa banyak tools yang bisa anda gunakan. Setelah anda melihatnya pasti sedikit bingung, bagaimana anda dapat menggunakan tools sebanyak itu. Tenang saja, justru setelah anda mahir, tools itu akan menjadi sahabat anda.

Formula Bar adalah tempat kita memasukan formula atau data yang kita masukan kedalam Cell tertentu. Apa itu formula ? Anda akan mendapatkan jawabannya setelah membaca postingan yang selanjutnya.
Cell merupakan bagian terkecil dari aplikai ini. Cell bisa di isi dengan cara mengklik langsung di cell yang kita maksud atau mengklik cell lalu mengetikannya di formula bar. Selain cell ada juga yang dinamakan dengan Range. Range adalah sekumpulan cell dari posisi satu ke posisi yang lain. Contohnya range bisa dari A1 ke B5, kita akan membiasakan penulisan range seperti ini : “A1:B5”

WorkSheet Merupakan halaman dari lembar kerja kita. pada saat anda bekerja dengan workbook tertentu Anda hanya bisa mengaktifkan atau membuka satu sheet saja. Terlihat seperti yang ditunjukan oleh tanda panah pada gambar merupakan sheet yang aktif pada saat itu. Tombol navigasi sheet terdapat di sebelah kiri nama sheet dan untuk membuat sheet yang baru bisa dengan cara mengklik kanan >> Insert atau dengan cara mengklik icon yang ada di sebelah kanan.

Selain itu anda juga bisa mengubah nama dari sheet dengan cara double klik >> beri nama sesuai yang anda inginkan.
Selain istilah-istilah diatas ada banyak istilah lain yang perlu anda ketahui agar menjadi mahir dalam menggunakan MS. Excel. Tidak perlu cemas anda tidak dapat menghafal satu persatu karena dengan anda terbiasa menggunakan Excel maka akan hafal dengan sendirinya. Atau anda ingin sengaja menghafal istilah-istilah ini sampai benar-benar hafal sampai-sampai anda lupa nama mantan pacar siapa. Sungguh therapy yang bagus 🙂

BACA JUGA :

Kasih masukanmu di sini