Penjelasan Prokrastinasi dan Bahaya yang disebabkannya

Posted on
Jamkho produk alami

Apakah Anda pernah menyepelekan sebuah pekerjaan yang penting ? ternyata hal tersebut ada istilahnya tersendiri yaitu Prokratinasi. Prokratinasi di definisikan sebuah tindakan yang menunda pekerjaan penting dengan alasan alasan tertentu. Hal ini bisa terjadi kepada semua orang dan semua umur. Orang yang sering bersikap prokrastinasi disebut prokrastinator. Ada banyak alasan kenapa Prokrastinasi ini sering dilakukan orang orang. Berikut ini beberapa poin alasan yang sering dikemukakan :

penjelasan prokrastinasi dan akibat nya

1. Menyepelekan suatu hal atau pekerjaan

Kadang kadang kita pernah merasa bahwa suatu pekerjaan terlalu mudah, sehingga kita menyepelekannya. Biasanya Orang orang mengerjakan hal yang dianggap sepele diakhir tenggang waktu.  Bahkan saking gampangnya orang sudah tidak mau lagi mengerjakannya karena merasa tidak pantas. Mereka butuh suatu hal yang baru dan menantang.

2. Tidak memiliki motivasi

Motivasi adalah suatu hal yang penting dalam menjalani kehidupan. Tanpa motivasi seseorang tidak akan bersemangat dan bergairah untuk menjalani hidup. Faktor motivasi juga dapat membuat orang Prokrastinasi. Tidak ada semangat untuk mengerjakan hal hal yang penting. Cendrung lebih memilih bersantai atau menenangkan diri saja.

3. Tidak Fokus dan Takut gagal

Banyaknya hal yang harus dikerjakan membuat kita bingung mana yang harus dibereskan terlebih dahulu. Disini dibutuhkan daya fokus yang tinggi agar tidak terjadi prokrastinasi. Kadang kita masih salah menentukan mana yang lebih penting. Selain itu, Takut gagal juga sangat berpengaruh terhadap tindakan prokrastinasi ini. Bingung dengan apa tyang harus dikerjakan membuat seseorang takut untuk memulai.

4. Pemberontakan

Ini adalah alasan yang paling ekstrim untuk tidak mengerjakan suatu hal. Kita tidak melakukan hal penting karena memberontak pada aturan atau tidak menerima keadaan. Yang paling banyak menggunakan alasan ini adalah para pegawai yang tidak setuju dengan kebijakan perusahaan. Selain itu, ada juga orang yang frustasi dengan hidupnya sehingga tidak mau melakukan hal hal yang bermanfaat untuk dirinya sendiri. Ketidaksiapan menghadapi kenyataan menjadikan seseorang tidak ingin mengerjakan sesuatu yang harusnya dilakukan untuk meningkatkan kehidupan.

Bahaya Prokrastinasi
Prokrastinasi adalah aktivitas kontraproduktif yang harus dihindari. Seorang prokrastinator mungkin akan merugikan dirinya sendiri karena tidak melakukan kewajibannya sebagai makhluk hidup yang mempunya kepentingan. Ada banyak kemungkinan hal yang dialami seorang prokrastinator sebagai akibat kebiasaan buruk menunda pekerjaan penting. Seorang procrastinator misalnya mungkin dicap pemalas, memiliki karir terhambat, mengalami stress di tempat kerja, dan lain sebagainya.

Bagi Anda yang merasa selama ini menjadi prokrastinator mulai lah merubah pola hidup. Karena lambat laun akibat dari sikap prokratinasi ini akan sampai kepada Anda. Oleh karena itu mulailah berubah meskipun sedikit. yang tadinya ditunda dua hari menjadi ditunda satu hari, yang tadinya ditunda 2 jam menjadi 1 jam, kesempatan berikutnya menjadi setengah jam dan terus menerus sehingga kita bisa dengan sigap melakukan hal yang penting penting di kehidupan ini.

Terima kasih sudah membaca Penjelasan Prokrastinasi dan Bahaya yang disebabkannya. Bantu kami untuk membagikan informasi ini  dengan cara like,twit atau G+ 🙂

Kasih masukanmu di sini