Merubah Nilai Angka Menjadi Nilai Huruf

Posted on
Jamkho produk alami

Nilai dalam dunia pendidikan bisa berupa nilai angka atau nilai huruf. mulai dari angka 1 sampai 10, 10 sampai 100 atau nilai dengan huruf A, B, C, D dan seterusnya. Pada saat nilai didapat pastinya berupa angka. Sepertinya tidak mungkin suatu nilai langsung keluar hurufnya kecuali sesuatu yang bersifat langsung. Seperti kerajinan, kerapihan dan kebersihan.

Setelah ujian, guru atau dosen mendapatkan hasil dari ujian para murid atau mahasiswa. Hasilnya di dapat berupa nilai angka. Untuk mendapatkan nilai huruf, kita bisa menggunakan software microsoft excel. Dengan software ini kita bisa merubah nilai angka menjadi nilai huruf dengan mudah.

Kita tinggal memasukan syarat atau rentang nilai yang menjadi huruf. Misalkan untuk huruf “A” rentang nilai 80 keatas, nilai “B” 65 sampai 79 dan seterusnya. Selain itu dengan menggunakan formula di excel. Kita bisa lebih mudah mengolah data yang banyak. tidak perlu menghitung satu persatu.

Langsung saja berikut ini adalah cara Merubah Nilai Angka Menjadi Nilai Huruf :

1. Masukan data seperti dibawah ini (contoh )

angka to huruf

2. Kriteria nilai Huruf :

Mendapat nilai A jika nilai lebih besar sama dengan 80 ( nilai >= 80)

Mendapat nilai B jika nilai lebih besar dari 69 dan kurang dari 80 ( 69 < nilai < 80 )

Mendapat nilai C jika nilai lebih besar dari 50 dan kurang dari 70 ( 50 < nilai < 70 )

Mendapat nilai D jika nilai lebih kecil dari 51 atau 50 ke bawah( nilai < 51 )

3. Untuk merubah nilai angka menjadi huruf kita menggunakan fungsi IF bertingkat. Kriterianya sesuai dengan kriteria di langkah 2. silahkan Anda pelajari tentang Fungsi IF dan Fungsi AND.

4. Masukan Formula berikut ini di cell C2

=IF(B2>=80,”A”,IF(AND(80>B2,B2>69),”B”,IF(AND(70>B2,B2>50),”C”,”D”)))

B2 adalah cell yang berisi nilai yang akan dirubah menjadi Huruf yang nantinya akan muncul di Cell C2. Fuungsi AND berfungsi untuk membatasi ni;ai batas bawah dan batas atas misalkan untuk nilai B. Kita butuh batas atas yaitu nilai tidak lebih besar dari 80. selain itu kita juga butuh batas bawah yaitu nilai haurs lebih besar dari pada 69.

5. Copy Formula kebawah hingga tampilan akhirnya menjadi seperti ini

angka menjadi huruf

Begitu lah cara merubah nilai angka menjadi nilai huruf. Memang awal awal agak sulit. Tetapi jika sudah terbiasa menggunakannya dengan baik. Untuk lebih mudahnya, Anda bisa mendownload file excelnya disini. Bantu kami dengan share, like, twit atau G+ agar lebih semangat untuk berbagi dan membuat artikel bermanfaat lainnya.

BACA JUGA :

Kasih masukanmu di sini