Menghasilkan Nama secara Acak dengan Menggunakan Excel

Posted on
Jamkho produk alami

Suatu hari saya pernah diminta untuk membuat laporan akhir tahun.  Ada sebuah data yang didalamnya harus diisi dengan nama nama dari team yang ternyata belum diisi. Sebenarnya data tersebut harus diisi oleh masing masing orang yang melakasanakan tugas. Tetapi entah mungkin malas atau kenapa, Mereka tidak mengisinya.

Cell yang harus diisi bukan hanya satu atau dua melainkan ribuan. Sedangkan laporan harus segera dikumpulkan kepada Manager. Seluruh anggota tim setuju untuk memasukan  nama secara bebas yang penting laporan tersebut bisa selesai tepat waktu. Pada saat itu saya langsung menggunakan trik Menghasilkan Nama secara Acak dengan Menggunakan Excel.

Trik ini sangatlah mudah. Teorinya kita hanya menggabungkan  Fungsi VLOOKUP dan Fungsi RANDBETWEEN. Mula mula kita membuat sebuah tabel dengan data nomor dan data Nama. Kemudian kita membuat kolom tambahan pada Data utama yang akan kita olah. Gunakan Fungsi RANDBETWEEN untuk menghasilkan angka secara acak. Jumlah angka bisa diatur dengan menggunakan fungsi Tersebut, bisa 2,3,4 dan seterusnya. Langkah Terakhir adalah menggunakan Fungsi VLOOKUP untuk menghasilkan Nama dengan lookup valuenya cell yang berisi Fungsi RANDBETWEEN dan tabel array nya adalah tabel dengan nomor dan nama yang baru dibuat tadi.

untuk lebih jelasnya silahkan simak video berikut ini :

Semoga dengan penjelasan yang ada pada video tersebut bisa membuat temen temen mengerti tentang bagaimana Menghasilkan Nama secara Acak dengan Menggunakan Excel. Bagi Anda yang belum menyaksikan video ini sebaiknya coba diplay karena saya yakin suatu saat akan berguna apalagi bagi Anda yang bekerja di kantor yang setiap harinya bergelut dengan laporan.

Selain digunakan untuk menghasilkan nama orang, cara ini juga bisa digunakan untuk menghasilkan nama benda, Nama kegiatan atau nama hal lainnya. Jika Ada pertanyaan atau kritik tentang trik ini, jangan segan segan untuk menulisnya dikolom komentar yang sudah disediakan. Semoga trik sederhana ini bisa membantu temen temen sebuah dalam menyelesaikan pekerjaanya.

Jika suka dengan artikel dan Video yang ada di postingan ini, Bantu kami dengan cara membagikannya di facebook, tweet atau G+, Sebelumnya kami ucapkan terima kasih

BACA JUGA :

Kasih masukanmu di sini