Cara Menggunakan Screenshot Pada Smartphone Android

Posted on
Jamkho produk alami

Tukangteori.com – Pasti suatu saat para pembaca semua menemukan moment dimana ingin mengabadikan tampilan yang ada pada Smartphone. Di komputer kita bisa dengan mudah mambiltampilan layar dengan menekan tombol “printscreen” atau PrtSc pada Keyboard. Bagaimana dengan smartphone, apakah bisa mengambil tampilan layar ?

Pada jenis Smartphone terbaru bisa mengambil tampilan layar dengan metode screenshoot. Cara Menggunakan Screenshoot Pada Smartphone Android ada 2 tipe yaitu dengan fitur bawaan dari smartphone dan dengan menggunakan aplikasi screenshoot.

1. Cara Menggunakan Screenshot Pada Smartphone Android dengan fitur bawaan

Setiap jenis smartphone memiliki fitur screenshoot dengan menekan tombol tombol tertentu. Sampai saat ini fitur screenshoot tidak memiliki tombol sendiri seperti halnya di keyboard komputer. melainkan dengan menggunakan kombinasi tombol.

Pada Smartphone produksi samsung tipe Galaxy kita menggunakan fitur ini dengan cara menekan tombol power dengan tombol home. Tunggu sampai 3 detik atau sampai terdengar bunyi jepretan seperti sedang memotret. Untuk hasilnya biasanya langsung terlihat gambar atau bisa menggunakan fitur view gallery.

Cara Menggunakan Screenshot Pada Smartphone Android

Pada Smartphone produksi selain samsung, seperti lenovo, sone Experia, xiaomi, Hymax dan lain lain. Biasanya menggunakan kombinasi tombol power dan volume (-). Tekan selama tiga detik atau tunggu sampai keluar bunyi seperti memotret. hasilnya sama akan keluar langsung dengan menggunakan fitur view gallery.

2. Cara Menggunakan Screenshot Pada Smartphone Android dengan aplikasi

Cara ini hampir sama dengan cara yang pertama tetapi kita bisa mengatur kombinasi tombol yang digunakan. Misalnya yang tadinya smartphone samsung galaxy dengan mnggunakan tombol power dan home dirubah menjadi tombol power dan volume. Begitu juga sebaliknya dengan smartphone non samsung.

Salah satu aplikasi yang bisa Anda pakai untuk screenshoot adalah “OK screenshoot”. Buka google play kemudian cari aplikasi dengan cara mengetikan kata kunci ” Ok Screenshoot ” nanti akan muncul aplikasinya dan langsung install.

Dalam aplikasi tersebut Anda akan melihat pilihan kombinasi yang akan disetting.   Pilih salah satu kombinasinya kemudian coba untuk mengambil gambar.

Cara Menggunakan Screenshoot Pada Smartphone Android

Bagi beberapa orang mungkin memakai aplikasi tidak begitu berarti karena hanya merubah setingan kombinasi tombolnya saja. Tetapi bagi yang memperhatikan kenyamanan handset dari Gadgetnya pasti ingin mengatur semuanya dengan baik. Mungkin diantara ada yang suka dengan kombinasi tombol power dan home atau  kombinasi tombol power dengan volume, semua terserah selera masing masing orang. Nantinya selera seseorang tidak akan tertahan karena bawaan fitur gadget 🙂

BACA JUGA :

Kasih masukanmu di sini