Cara Mengkonversi Angka Ke Bilangan Romawi Pada Excel

Posted on

Cara Mengkonversi Angka Ke Bilangan Romawi Pada Excel. Pada Penulisan di microsoft Word kita sering menemukan Bilangan Romawi. Biasanya menggambarkan nilai atau hitung dari poin poin materi yang biasanya di tuliskan sebagai angka. Pada microsoft Excel ternyata ada sebuah Fungsi yang bisa merubah atau mengkonversi angka ke bilangan romawi. Nama Fungsinya adalah Fungsi ROMAN. Fungsi ini pada kenyataannya jarang sekali di pakai. Tetapi mungkin saja Anda atau pembaca lainnya membutuhkan Informasi ini.

Struktur Fungsi ROMAN :

=ROMAN(Number, Form)

number adalah bilangan atau cel referensi yang berisi nilai yang akan di konversi ke angka romawi
form adalah angka konstan untuk menentukan jenis angka romawi yang kita inginkan. bisa di isi dari 0 sampai 4. Semakin besar nilainya maka jumlah huruf romawai akan semakin sedikit. Bisa di bilang akan menjadi lebih simpel

Berikut ini adalah list Contoh penggunaan Fungs ROMAN

Cara merubah angka menjadi romawi

Kita bisa lihat pada gambar tersebut ketika kita menggunakan 0 maka yang keluar adalah penulisan angka romawi classic. Semakin angkanya besar maka jumlah huruf hasil konversi semakin sedikit. angka 499 pada gambar bisa di ganti dengan cell jika kita ingin merubah angka yang ada di dalam cell tertentu.

Catatan :

Jika Number adalah bilangan negatif maka hasil yang diperoleh adalah nilai error  #VALUE!
Jika Number lebih dari 3999 maka hasil yang diperloh adalah nilai error #VALUE!

Demikian lah Tutorial Cara Mengkonversi Angka Ke Bilangan Romawi Pada Excel. Semoga cara ini bisa memudahkan pekerjaan anda. Pada kenyataannya memang jarang sekali orang yang menggunakan fungsi ROMAN dalam pekerjaannya sehari hari.

BACA JUGA :

Kasih masukanmu di sini