Kode Macro Excel untuk Mengcopy Data

Posted on

Tukangteori.com – Setelah kita mengetahui bagaimana cara mengaktifkan tab developer pada pada microsoft excel dan merekam macro, berikutnya kita mulai mulai menulis macro. Pelajaran pertama yang harus kita ketahui adalah cara menuliskan kode kode di Visual basic editor.

Penulisan kode atau syntax pemrograman di VBA tidak jauh beda dengan penulisan di Visual Basic atau Visual studio. yang membedakannya adalah objek objeknya. Di VBA Excel objeknya seputar yang ada pada tampilan workbook dan userform. Kita bisa menuliskan kode VBA di bagian worksheet atau dengan menambahkan modul. Dalam modul tersebut kita bisa menuliskan kode pemrograman yang kita inginkan. Perlu di ingat bahwa jika kita menambahkan modul pada VBAproject (workbook) tertentu maka kita hasur menyimpan workbook tersebut dalam format “xlsm” (excel sheet and modul)

Kode sederhana yang bisa dipelajari di awal awal kita belajar VBA Excel adalah kode mengcopy data. Seperti biasanya sebuah range atau cell berisi data kemudian kita ingin mengcopy nya ke range atau cell lainnya. Terdapat 2 metode yang dilakukan untuk mengcopy data :

1. Menggunakan Metode “Copy”

Metode ini menggunakan metode “copy” pada sebuah objek di VBA excel. Setiap objek yang ada di VBA excel memiliki metode metode tertentu. Penjelasan mudahnyatentang metode ini adalah perlakuan terhadap objek yang biasanya dituliskan setelah titik

Contoh penggunaan Kode Macro Excel untuk Mengcopy Data :

Kita akan memindahkan data yang ada di range A1:A3 ke Range B1:B3

Sub copydata()

Sheets(1).Range(“A1:A3”).copy  Destination:=Sheets(1).Range(“B1:B3”)

End Sub

2. Menggunakan persamaan

Menggunakan persamaan akan lebih cepat jika dibandingkan dengan menggunakan metode pada objek. Seperti halnya pengisian variabel, kita menggunakan cell sebagai wadah data. kekurangan dari cara ini kita hanya bisa mengcopy data per cell tidak bisa langsung range. kita harus menggunakan loop untuk melakukannya agar lebih paham kita lihat contohnya Kode Macro Excel untuk Mengcopy Data dibawah ini :

Kita akan mengcopy data dari cell A1 ke Range B1

Sub copydata2()

Sheets(1).Cells(1,2) =Sheets(1).Cells(1,1)

End sub

Jika para pembaca kurang jelas dengan artikel ini, berikut ada video tutorial cara mengcopy data dari channel Tukang teori :

 Semoga artikel dan video tentang tutoria VBA excel dalam hal mengcopy data ini membantu untuk para pembaca. Jika ada yang kurang dari artikel dan video ini, silahkan menuliskan uneg unegnya dikolom komentar. Semoga bermanfaat. Kode Macro Excel untuk Mengcopy Data

BACA JUGA :

Kasih masukanmu di sini