Membuat Pembukuan Keuangan Menggunakan Excel

Posted on

Membuat Pembukuan Keuangan Menggunakan Excel. Pembukuan adalah pencatatan transaksi keuangan. Transaksi meliputi penjualan, pembelian, pendapatan, dan pengeluaran oleh perseorangan maupun organisasi. Setiap orang atau suatu badan usaha diwajibkan untuk membuat pembukuan agar alur keuangan dapat di monitoring dengan baik.

Microsoft Excel adalah salah satu aplikasi yang paling digunakan dalam pembuatan pembukuan. Fitur fiturnya yang lengkap memudahkan pengguna untuk membuat pembukuan yang rumit. Dalam artikel ini akan di jelaskan bagaimana membuat sebuah pembukuan perusahaan kecil yang masih sederhana. untuk pengembangannya bisa dilakukan oleh para pembaca atau jika merasa kesulitan silahkan request atau bertanya kepada kami.

Berikut ini langkah langkah membuat pembukuan keuangan menggunakan Excel :

1. Membuka Workbook baru seperti biasa

2. Tentukan poin poin apa saja yang akan dicatat dalam pembukuan kemudian jadikan header sebuah tabel. seperti tanggal, pemasukan, pengeluaran, buktinya dan saldo. Berikut contoh poin poin yang bisa dimasukan dalam sebuah pembukuan

membuat pembukuan keuangan

3. Masukan Data data sesuai proses atau flow keuangan yang terjadi di perusahaan

Catatan keuangan excel

4. Memasukan Formula pada kolom Saldo. Formula yang akan dimasukan kedalam kolom tersebut memiliki logika tertentu. Kita ingin ketika memasukan “Debet”, menjadi nilai yang positif atau penjumlahan. Sedangkan ketika kolom kredit terisi pada baris tertentu menjadi nilai negatif atau pengurangan. Formula yang kita gunakan adalah  gabungan dari fungsi IF untuk mendeteksi kondisi dan Fungsi SUM untuk menjumlah semuanya. Tidak lupa juga menggunakan operator matematika pengurangan dan penjumlahan. berikut ini Formula yang digunakan di cell G4 :

formula untuk pembukuan

Penjelasan Formula : Fungsi IF dan OR digunakan untuk melihat kondisi dari Cell E4 dan F4. jika salah satu cell tersebut terisi maka akan dilakukan sebuah operasi perhitungan yakni menjumlahkan angka yang ada di kolom E (Debet) kemudian dikurangi pemjulahan angka yang ada di kolom F ( Kredit).

5. Jangan lupa untuk mengcopy formula ke bawah sampai ujung tabel agar lebih terlihat hasil perhitungannya

6. Anda juga bisa menambahkan Total dari Debet dan Kredit di baris paling bawah, berikut ini tampilan akhir dari laporan pembukuan yang telah dibuat

Laporan Pembukuan Keuangan dengan Excel

Sampai disini tutorial Membuat Pembukuan Keuangan Menggunakan Excel. Pembukuan diatas masih sederhana. Mungkin di tempat temen temen bekerja sekarang atau kelak laporannya lebih ribet dibandingkan contoh yang ada di artikel ini. Jika merasa kesulitan dengan tutorial artikel, berikut kami sediakan Video tutorialnya:

Jika Masih ada yang kurang jelas tentang cara Membuat Pembukuan Keuangan Menggunakan Excel ini, silahkan sampaikan unek uneknya di kolom komentar atau kirim pesan via “KONTAK” yang ada di menu paling atas Web ini. Sebisa mungkin tutorialnya dipraktekan karena kita lebih bisa mengingat sesuatu ketika hal tersebut dilakukan. Semoga tutorial ini bermanfaat.

 

BACA JUGA :

Kasih masukanmu di sini