Cara Membuat Database Menggunakan Excel

Posted on
Jamkho produk alami

Cara Membuat Database Menggunakan Excel. Database atau dalam bahasa Indonesia basis data adalah kumpulan data yang disimpan secara sistematis di dalam komputer dan dapat diolah atau dimanipulasi menggunakan perangkat lunak (program aplikasi) untuk menghasilkan informasi. Pendefinisian basis data meliputi spesifikasi berupa tipe data, struktur, dan juga batasan-batasan data yang akan disimpan. Salah satu aplikasi yang dapat mengolah Data adalah Microsoft Excel.

Pembuatan Database dengan menggunakan Excel jauh lebih mudah di bandingkan dengan aplikasi lainnya. Karena kita bisa dengan langsung mengolah data tanpa harus menggunakan query. Sebaliknya database yang kita buat di excel tidak bisa di panggil menggunakan query. Ini membuat microsoft excel terkesan hanya menjadi pengolah data saja. Tetapi lebih jauh lagi kita bisa melihat bahwa membuat data base di Excel akan lebih menguntungkan karena bisa langsung di olah dan menunjukann hasil.

Berikut ini adalah hal hal yang harus di perhatikan dalam pembuatan Database pada Microsoft Excel

1. Persiapkan sheet untuk menyimpan data utama dan jangan lupa untuk memberi nama sheet tersebut

2. Buatlah tabel yang akan mencakupi semua data agar terlihat rapih

3. Tambahkan Header untuk mengenali jenis data yang di masukan

4. Gunakan Format data untuk membedakan jenis data

Untuk Menarik data dari susunan data utama pada database dalam microsoft excel bisa menggunakan Fungsi LOOKUP. Fungsi LOOKUP yang paling sering digunakan adalah Fungsi VLOOKUP. Karena kebanyakan susunan data mulai dari header sampai ujung data adalah Vertikal.

Di artikel ini tukangTeori.com akan mencontohkan bagaimana cara untuk membuat Database Siswa. Database ini masih terbilang sedikit karena hanya merecord data siswa yang jumlahnya tidak begitu banyak. Berikut ini adalah Cara Membuat Database Menggunakan Excel :

1. Buka Workbook baru seperti biasa pilih Blank workbook

2. Ganti nama sheet dengan “Database” atau lainnya terserah anda ( Bagaimana cara mengganti nama sheet ? Klik Disini )

3. Masukan Judul Dari database di cell A1

4. Tuliskan Header dari data yang akan masukan seperti gambar berikut :

membuat database siswa

5. Masukan data sesuai Headernya

pembuatan database excel

6. Agar terlihat lebih rapih, kita gunakan Fasilitas “Insert Table”. Sebenarnya untuk membuat tabel kita bisa menggunakan border saja. Tetapi Dengan menggunakan Fasilitas Insert table ini kita bisa lebih mudah mengolah data di kemudian hari. Kolom dan baris akan lebih dikenali oleh Fungsi ketika kita menggunakan fasilitas ini.

Cara menggunakannya adalah dengan cara blok semua  data kemudian pilih menu Insert >> Table  (disebelah kiri) bisa juga dengan cara menekan tombol ctrl + T pada keyboard. Pada Window yang muncul klik OK saja. Pastikan “My table has headers” Tercentang. Hasilnya akan seperti ini :

Cara Membuat Database Pada Excel

Pada gambar diatas sudah jadi database siswa yang sederhana. Untuk menarik data dari database diatas kita bisa menggunakan fungsi VLOOKUP. Perlu diketahui bahwa Fungsi VLOOKUP bisa digunakan antar sheet dan antar workbook. Untuk mengetahui penggunaan Fungsi VLOOKUP Klik disini.

Untuk Data yang lebih banyak Anda bisa membuatnya sesuai selera. Cara diatas masih bisa digunakan untuk membuat database yang lebih besar. Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa dengan microsoft Excel kita bisa langsung mengolahnya dan menyajikannya menjadi laporan. Sekian Tutorial Cara Membuat Database Menggunakan Excel. Semoga bermanfaat 😀

BACA JUGA :

Kasih masukanmu di sini