Cara Membuat Diagram Menggunakan Excel

Posted on
Jamkho produk alami

Cara Membuat Diagram Menggunakan Excel. Diagram merupakan sekumpulan bidang yang menggambarkan nilaidari berbagai macam data. Fungsi utama diagram adalah untuk memudahkan dalam membaca data terutama dalam hal analisis. Kita bisa dengan mudah melihat perbandingan antar data satu dengan yang lainnya. Kita juga bisa melihat perkembangan dari data yang berbanding dengan waktu. Diagram banyak digunakan untuk membuat laporan. Contoh laporan yang sering menggunakan diagram adalah Laporan keuangan, laporan kerja dan laporan suatu kegiatan.

Microsoft Excel merupakan salah satu aplikasi olah data yang memiliki banyak fasilitas. Salah satu diantaranya adalah Fasilitas “Charts” untuk membuat diagram di worksheet. Pembuatan diagram di Microsoft Excel jauh lebih mudah dari pada membuatnya secara manual. Dan yang paling penting adalah ukuran dari bidang yang membangun diagram berukuran pas dan sesuai.

Langkah langkah Cara Membuat Diagram Menggunakan Excel

Pada tutorial kali ini kita akan membuat diagram laporan penjualan sepatu. Sebaiknya pembuatan sebuah diagram memiliki tujuan tertentu. Tujuan dari pembuatan diagram dalam tutorial ini adalah untuk melihat perbandingan setiap orang berdasarkan jumlah sepatu yang terjual.

1. Buka Workbook baru
2. Masukan data seperti berikut

menggunakan diagra excel
3. Blok range dari A2 sampai B12
4. Pilih menu Insert > Charts > Column > Pilih yang 2D saja

cara membuat diagram excel
5. Double click pada judul Chart ganti dengan “Data Penjualan Sepatu”
6. Hasil akhir dari chart :

hasil membuat diagram

 

Cara Membuat Diagram Menggunakan Excel

Tinggi batang yang berwarna biru menggambarkan nilai dari jumlah unit yang terjual. Skalanya terlihat disebelah kiri (Vertical axis). Semakin tinggi batang maka jumlah sepatu yang terjual semakin tinggi juga. Kita bisa membedakan mana yang menjual lebih banyak dan mana yang menjual sedikit dengan membandingkan tinggi batangnya.

Untuk membuatnya lebih menarik anda bisa mengedit diagram yang telah dibuat melalui menu menu tambahan ketika kita mengklik diagram tersebut. Menu yang muncul adalah Design, Layout dan Format. Pada menu design kita bisa mengganti tipe diagram dan warnanya. Sedangkan pada menu layout kita  bisa mengedit objek objek yang ada dalam diagram. Dan pada menu format kita bisa mengedit font dan efek tampilan diagram.

Sebaiknya para pembaca mengulik sendiri pembuatan diagram ini. Karena banyak sekali hal hal yang bisa dicoba untuk diterapkan pada diagram baik itu warna, bentuk layout dan lain lain. Usahakan pengeditan diagram sesuai dengan tujuan dibuatnya diagram tersebut. Cara Membuat Diagram Menggunakan Excel

Kasih masukanmu di sini