Cara Membuat Grafik Menggunakan Excel

Posted on
Jamkho produk alami

Cara Membuat Grafik Menggunakan Excel. Grafik Adalah presentasi visual pada sebuah media gambar yang mewakili nilai berbentuk titik titik yang dihubungkan menggunakan garis. Berbeda hal nya dengan diagram, grafik tidak memiliki bidang melainkan hanya berupa berupa garis garis yang menyambungkan satu titik ke titik lain. Perbedaan diagram dan garis adalah pada bidang yang membangun sebuah presentasi visual. Diagram dibangun dengan bidang 2 ata 3 dimensi. Sedangkan Grafik dibangun dengan titil titik yang dihubungkan dengan baris. Banyak orang yang masih salah membedakan mana yang grafik dan mana yang diagram.

Untuk membuat sebuah grafik kita bisa menggunakan media real atau tulis manual, bisa juga menggunakan media digital. Salah satu aplikasi yang sering digunakan untuk membuat grafik adalah microsoft excel. Dengan aplikasi ini kita bisa dengan mudah membuat grafik dan melakukan editing dan design pada grafik yang kita buat. Dari data yang berupa tabel bisa langsung diubah menjadi grafik.

Cara Membuat Grafik di Excel

Membuat Grafik pada Microsoft Excel masih terbilang mudah. Karena Fasilitas fasilitas yang ada pada aplikasi ini memudahkan kita untuk menghasilkan grafik yang bagus. Selain itu aplikasi ini juga sudah banyak terinstall pada komputer komputer yang menggunakan operating sistem berbasis Window. Semakin tinggi versi nya semakin banyak fasilitasnya. Anda bisa menggunakan Excel versi 2003, 2007, 2010, 2013 dan yang terakhir adalah versi 2016.

Kebanyakan sebuah grafik dibuat berdasarkan waktu. Kita sering menganalisis keberhasilan suatu kegiatan dengan mengukurnya waktu demi waktu. Misalkan grafik penjualan suatu barang dilihat persetiap hari. Mulai dari hari pertama sampai beberapa hari kemudian. Agar lebih jelasnya kita langsung saja latihan membuat grafik penjualan sepatu.

Berikut ini adalah Cara Membuat Grafik Menggunakan Excel :

1. Buka Workbook seperti biasa

2. Masukan data sebagai berikut  :

cara membuat grafik

3. Blok tabel atau range A2:B12 kemudian pilih menu Insert >> Charts >> Line

4. Plih jenis tampilan grafik yang kamu ingin kan. di contoh kali ini kita pilih stacked line with markers. \

5. Ubah judul yang tadinya “unit” menjadi “Grafik Penjualan Sepatu”

Hasilnya akan seperti gambar dibawah ini :

Cara Membuat Grafik Menggunakan Excel

 Cara Membuat Grafik Menggunakan Excel

Garis warna biru menunjukan perkembangan dari penjualan sepatu setiap harinya. Ketika penjualan mengelami. penurun akan dipresentasikan dengan garis yang menurun juga. untuk membuat grafik lebih cantik Anda bisa melakukan pengeditan pada beberapa objek yang ada pada grafik. Anda bisa mengedit label, warna garis, legenda dan lain lain melalui opsi klik kanan atau menggunakan tab menu design pada menu utama Excel.

Buat lah tampilan grafik sebagus mungkin bagi anda yang sering membuat laporan. Tunjukan karya terbaik kepada atasan sehingga hal tersebut menjadi nilai posistif meskipun sangat kecil. Dengan pembuatan grafikyang tetap, atasan akan lebih mudah membaca perkembangan bisnis perusahaan. selamat mempraktekan Cara Membuat Grafik Menggunakan Excel ini

BACA JUGA :

Kasih masukanmu di sini