Cara Membuat Tabel di Microsoft Excel

Posted on

Cara Membuat Tabel di Microsoft Excel. Untuk membuat data terlihat lebih rapih, kita harus menyusunnya sesuai dengan header dan diberikan sekat sekat pemisah. Kerangka yang dibuat untuk membuat data tersusun rapih tersebut disebut juga dengan tabel. Sejak Sekolah dasar kita telah diperkenalkan dengan yang namanya tabel. Sebuah kotak yang berisi sekat sekat yang didalamnya berisi data.

Aplikasi yang paling sering digunakan untuk membuat tabel adalah Microsoft Excel. Aplikasi yang terdiri dari sheet yang berisi cell yang bisa di isi data ini merupakan aplikasi yang paling sering digunakan oleh perusahaan perusahaan. Pada Microsoft Excel kita bisa membuat tabel dengan 2 cara. Cara sederhana dan menggunakan fasilitas tabel yang ada di dalamnya.

Tutorial Cara Membuat Tabel di Microsoft Excel

1. Cara Sederhana

Tutorial yang pertama adalah tabel yang sederhana. Tabel ini dibuat hanya dengan menggunakan border (penebalan garis gridline). Berikut langkah langkahnya :

– Bukan workbook baru

– Tuliskan data yang kita miliki kedalam lembar kerja

– Jangan lupa menambahkan header atau label jenis data di cell paling atas

– Blok semua data kemudian pada menu home klik tanda panah disebelah kanan icon border. Pilih all borders

cara membuat tabel sederhana

 

– Hasil akhirnay akan menjadi seperti ini :

Hasil pembuatan tabel

 

Setelah menjadi tabel seperti ini Anda bisa meng-copy nya ke aplikasi microsoft office lainnya seperti Microsoft word atau Outlook.

2. Menggunakan Fasilitas insert Tabel

Tutorial membuat tabel di Excel menggunakan fasilitas insert tabel ini sama mudahnya dengan yang sederhana. Kita hanya menggunakan salah satu fasilitas bawaan yang disediakan oleh excel. Manfaat kita menggunakan fasilitas ini salah satunya memudahkan untuk inisialisasi pembuatan formula. Jika bisa mengambil referensi sesuai dengan nama tabel dan kolom ke berapa bukan batasan batasan range (akan dijelaskan di artikel lain)

Berikut langkah langkah membuat tabel di Excel menggunakan fasilitas insert tabel :

– Buka workbook baru seperti biasa

– Masukan data ke sheet

– Blok semua data kemudian pilih menu insert dan klik icon tabel di sebelah kiri

membuat tabel pada excel

 

– Berikut hasil tabel yang menggunakan fasilitas insert tabel

hasil insert tabel

 

Hasilnya akan lebih bagus karena otomatis diberikan warna belang belang. untuk mengganti warnanya bisa dilakukan di menu design. Tanda panah yang ada di sebelah kanan cell adalah filter untuk mensortir data mana yang akan di tampilkan.

Sekian tutorial tentang membuat tabel menggunakan excel di TukangTeori.com. Semoga bermanfaat, jika ada pertanyaan, silahkan sampaikan dikolom komentar yang sudah disediakan dibawah.

Kasih masukanmu di sini