Cara Memindahkan file dari Android ke Laptop Tanpa Kabel

Posted on

Cara Memindahkan file dari Android ke LaptopTanpa Kabel. Kadang kadang kita ingin sekali memindahkan photo photo atau file lain yang ada di HP ke dalam Laptop. Begitu juga sebaliknya kita ingin memasukan lagu dari playlist laptop kita kedalam Smartphone Android. Sebenarnya ada beberapa cara memindahkan file dari smartphone ke PC atau laptop. Bisa menggunakan media kabel, bisa juga menggunakan media wifi atau tanpa kabel.

Di artikel kali ini Tukangteori.com akan menjelaskan tentang Cara Memindahkan file dari Android ke Laptop Tanpa Kabel alias menggunakan Wifi. Cara ini lebih efektif dibandingkan dengan cara cara lainnya. Ditutorial lain kebanyakan menyarankan untuk menggunakan jasa file hosting seperti dropbox. Memang dropbox gratis digunakan tetapi tetap akan memakan bandwidth ketika mengupload dan mengunduhnya kembali. Secara tidak langsung proses seperti itu akan memakan biaya.

Untuk bisa Mentransfer data dati smartphone Android ke Laptop kita harus mengistall sebuah aplikasi. Nama Aplikasinya adalah AirdDroid. Teman Teman bisa cari googleplay, Menginstall aplikasi tidak perlu bayar alias gratis.

Cara Memindahkan file dari Android ke Laptop

Berikut ini langkah langkah Cara Memindahkan file dari Android ke Laptop Tanpa Kabel :

1. Install aplikasi airdroid

2. Masuk ke aplikasi AirDroid kemudian pilih tethering dan pilih enable pada set up portable hotspot

interface air droid 3

Catatan : Jika nanti di minta untuk sign up, sign up lah seperti biasa. Gunakan google+ untuk sign up agar lebih cepat dan mudah.

3. Nanti akan muncul status dari koneksi Hotspot dari smartphone

4. Pada Laptop nantinya akan terdeteksi wifi bernama AirDroidAp. Jika tidak muncul pastikan wifi laptop anda dalam keadaan on atau siap menerima koneksi.

5. Konek laptop ke wifi tadi setting password seperti halnya konek ke wifi seperti biasa dengan password yang tampil di layar Handphone

connect ke hotspot

6. Buka browser dan masukan alamat IP yang ada pada tampilan utama dari aplikasi ini untuk gambar kedua dari atas IP nya adalah 192.168.1.102:8888 atau bisa juga memasukan http://web.airdroid.com

7. Nanti akan muncul permintaan koneksi dari Laptop dan smart phone. Klik tombol “accept” di smartphone Anda

koneksi laptop dengan smartphone

8. Nanti akan terbuka interface sebuah web dengan beberapa icon seperti halnya desktop.cari file yang akan di transfer dengan cara memilih icon “File” dan buka folder foldernya.

9. Setelah menemukan file yang di inginkan klik kanan kemudian download. nanti ini prosesnya seperti kita mendownload file di web tetapi tenang saja ini tidak akan mengurangi bandwidth internet karena menggunakan koneksi langsung

memindahkan file dengan airdroid

Demikian lah Cara Memindahkan file dari Android ke Laptop Tanpa Kabel. Semoga bermanfaat bagi para pembaca. Jika ada kesulitan silahkan bertanya pada kolom komentar yang telah disediakan. Kalau dirasa bermanfaat bagi Anda silahkan bantu untuk share ke temen temen melalui Facebook, Twitter ataupun G+ 🙂

Kasih masukanmu di sini