Cara Menghilangkan Adware di Browser

Posted on

Cara Menghilangkan Adware di Browser. Pernahkah para pembaca melihat iklan melayang di browser ? ketika kita buka tab lain dan alamat website lain, iklan yang muncul itu itu saja sama dengan di web lainnya. Kemungkinan laptop atau PC Anda terkena sejenis malware yang bernama adware.

Adware merupakan salah satu jenis perangkat lunak yang bersifat “stealth” (tidak terlihat) dan seringnya terinstalasi ke dalam sistem ketika pengguna mengunduh perangkat lunak freeware atau shareware dari Internet. Ada banyak adware yang beredar di Internet, dan beberapa adware tersebut memantau kebiasaan pengguna dalam menjelajahi Internet, dan mengirimkan informasi ini kepada perusahaan marketing sehingga mereka mengirimkan iklan kepada pengguna yang bersangkutan. Beberapa perangkat lunak komersial juga mengandung komponen adware yang kadang disebutkan dalam End-User License Agreement (EULA) atau tidak. Contohnya adalah peramban web Microsoft Internet Explorer 6.0 yang merangkul Alexa.com.

Kebanyakan program antivirus tidak didesain untuk mendeteksi keberadaan adware, karena tujuan awal dari adware adalah bukan untuk merusak sistem secara agresif (seperti halnya virus komputer, worm atau Trojan horse), tapi untuk mendukung pengembangan perangkat lunak freeware atau shareware yang berangkutan. Beberapa adware juga dapat diklasifikasikan sebagai Trojan oleh beberapa vendor Antivirus, sehingga dibutuhkan perangkat lunak yang spesifik untuk menditeksinya. karena selain memantau kebiasaan pengguna dalam berselancar di Internet, mereka juga dapat mencuri data pengguna. Contohnya adalah VX2 dan WNAD.EXE.

Bagi mereka yang tidak mengerti dengan teknologi komputer. Pasti akan menyangka bahwa iklan yang muncul adalah hal biasa seperti iklan iklan yang lainnya yang ada di blog kejar setoran :D. Tidak ada yang mencurigakan karena  adware tidak mempengaruhi kinerja dari komputernya sendiri. Anda pasti akan merasa kesal jika sudah terkena Adware ini. Bayangkan setiap kita mengklik halaman website secara langsung akan tebuka tab baru yang menampilkan situs iklan. Belum lagi iklan yang melayang disana sini.

Saat ini adware yang sedang ramai adalah “compare for fun” dan by name. yang paling menyebalkan adalah by name karena sulit sekali untuk di deteksi. Berikut ini tukangteori akan Memberikan tips Cara Menghilangkan Adware di Browser.

1. Gunakan tools gratis adware remover.

salah satu yang termasuk bagus adalah Adwcleaner. untuk mendownloadnya silahkan search di google menggunakan kata kunci kemudian download aplikasinya pastikan anda mendownload update-an terbarunya. Install seperti aplikasi pada umumnya. setelah berhasil menginstall mulai lakukan scanning. Tunggu beberapa saat nanti akan muncul apa saja file atau registry yang berkaitan dengan adware. Centang yang ingin anda bersihkan (sebaiknya centang semua) dan klik tombol cleaning.

Cara menghilangkan adware

 

2. Membersihkan add ons dan ekstensi di browser

Mozilla Firefox :

– Klik Menu utama (sebelah kanan layar dibawah tombol close)

– Masuk ke menu add-ons

– klik tab extensions dan cari add ons yang mencurigakan, biasa berada di atas jika kejadiannya belum lama. Contohnya “Compare for fun”

– Remove add tersebut kemudian restart browsernya

Chrome :

– Klik Menu utama (sebelah kanan layar dibawah tombol close)

– Pilih more tools >> Extensions

– Cari extension yang mencurikan kemudian hapus dengan cara mengklik icon tong sampah

– Restart browser

Begitulah tips Cara Menghilangkan Adware di Browser dari Tukangteori.com. Semoga bermanfaat bagi anda yang sedang bingung bagaimana cara menghilangkan iklan yang berserakan di browser. Sayang sekali jika bandwidth yang sudah dibeli mahal mahal hanya dipakai untuk melihat iklan yang tidak jelas asal usulnya.

Kasih masukanmu di sini