Cara Menyembunyikan dan menampilkan Kolom dan baris

Posted on

Cara Menyembunyikan dan menampilkan Kolom dan baris. Kadang kadang dalam proses pengolahan data kita mengalami masalah pada kolom-kolom atau baris-baris tertentu. Disuatu saat kita sebenarnya tidak perlu melihat kolom-kolom atau baris-baris tersebut. untuk sebagian orang, kolom atau baris yang tidak dibutuhkan dalam proses pengolahan data sangat lah mengganggu pada saat olah data. oleh karena itu, Excel memiliki fasilitas untuk menyembunyikan baris dan kolom tersebut.

Cara Menyembunyikan dan menampilkan Kolom dan baris Pada Microsoft Excel sangat lah mudah,  berikut ini adalah langkah langkahnya :

Menyembunyikan kolom dan Menampilkan kolom pada lembar kerja Excel

Kolom merupakan bagian vertikal dari sekumpulan cell di tandai dengan huruf alphabet. Pada Tutorial kali ini kita akan menyembunyikan kolom B. Langkah langkah untuk menyembunyikan kolom B :

1. pilih kolom B kemudian klik kanan >> hide

Menyembunyikan dan menampilkan Kolom atau baris

 

Terlihat pada gambar dibawah, kolom B hilang dalam tampilan lembar kerja

Menyembunyikan dan menampilkan Kolom atau baris

2. Untuk menampilkan kolom kembali cukup dengan blok header kolom A sampai C kemudian klik kanan >> unhide. Selain itu bisa juga menggunakan cara blok header kolom A sampai C kemudian double klik di tengah tengahnya.

Menyembunyikan baris dan menampilkan baris pada lembar kerja microsoft Excel

Untuk cara menyembunyikan baris, proses yang dilakukan sama dengan proses menyembunyikan kolom tetapi dilakukan pada header baris seperti 1,2,3 atau yang lainnya. Berikut langkah langkahnya

1. Kita akan menyembunyikan baris ke 3, Klik kanan pada header baris ke 3 kemudian pilih hide

Menyembunyikan baris

Hasilnya terlihat pada gamabr dibawah ini, baris ke 3 hilang

memunculkan baris yang disembunyikan

2. Untuk memunculkan baris kembali cukup dengan blok header baris ke 2 dan ke 4 kemudian klik kanan > unhide. Selain itu bisa juga dengan cara blok header baris ke 2 sampai ke 4 kemudia double klik di tengah tengahnya.

Semoga Tutorial Menyembunyikan dan menampilkan Kolom atau baris bermanfaat untuk anda dan jangan lupa untuk membiasakan diri melakukan praktek tentang apa yang dilajari seputar microsoft excel di Tukangteori.com ini. Menyembunyikan dan menampilkan Kolom atau baris

BACA JUGA :

Kasih masukanmu di sini